APLIKASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN WISMA ANAK-ANAK HARAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6601Keywords:
Coronavirus, Panti Asuhan, Bahasa Inggris, Pembelajaran DaringAbstract
Program Pengabdian Masyarakat Peduli Bencana COVID-19 merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam rangka kepedulian Universitas Mahasaraswati Denpasar terhadap masyarakat yang terkena dampak dari penyakit Coronavirus itu sendiri. Terhitung sejak Maret 2019 lalu, pembelajaran daring merupakan salah satu dampak terbesar yang disebabkan dalam hal belajar-mengajar. Salah satu yang sangat terdampak oleh pandemi ini adalah siswa/i yang berada di panti asuhan, dikarenakan proses pembelajaran yang dinilai tidak efektif dan kurangnya materi yang diresapi oleh siswa/i. Ditambah lagi kurangnya pengawasan dari orang tua asuh mengingat terdapat banyak anak yang diasuh di panti tersebut. Oleh karena itu, dilakukanlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan bimbingan belajar Bahasa Inggris di Panti Asuhan Wisma Anak-Anak Harapan, Desa Dalung, Br. Untal-Untal guna membantu anak-anak panti dalam memahami, serta dapat mempraktekkan materi yang diberikan, dan agar tidak menjadi beban bagi orang tua asuh dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak-anaknya. Terdapat 2 program yang akan dilaksanakan yaitu memberikan bimbingan belajar berupa materi baru maupun materi yang telah diajarkan oleh guru mereka di sekolah, dan membuatkan games untuk mengasah daya ingat anak pada siswa Sekolah Dasar di Panti Asuhan Wisma Anak-Anak Harapan. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu pembelajaran anak dalam berkonsentrasi hingga merangsang daya ingat mereka melalui gambar.
References
Aulia, N. R., & Rahmawati, R. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika, 1(1), 1–9.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 2(1), 55–61.
Dina, F. (2009). Mengembangkan Proaktif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada siswa kelas 2 SMK di panti Asuhan Siti Khadijah Semarang tahun 2008/2009. Universitas Negeri Semarang.
Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10–18.
Jannah, S. M. (2020). Segudang masalah belajar dari rumah karena corona covid-19. https://tirto.id/segudang-masalah-belajar- dari-rumah-karena-corona-covid- 19-eGqQ.
Kemdikbud. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-onlinedi-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1(2), 257–267.
Manurung, S., & Sinaga, J. B. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Buliang RW 18. Jurnal Minda Baharu, 1(1), 33–41.
Murakomah, F. (2020). PBB Peringatkan Dunia tentang “Malapetaka Generasi” Sektor Pendidikan,
Ini Sebabnya.. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/04/144700265/pbb-peringatkandunia-tentang-malapetaka-generasi-sektor-pendidikan-ini?page=all
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.
Widyasari, F. E. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Multiple Intelligences: Studi Kasus di Sekolah Internasional. Jurnal Edutama, 3(1), 31–46.
Yurianto, A. (2020). Sars-Cov-2 Serang Semua Bagian Paru-Paru. https://www.kemkes.go.id/article/print/20051100001/sars-cov-2-serang-semua-bagian-paru-paru.html