UPAYA PENINGKATAN PROTOKOL KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN MAITREYA CENTRE TABANAN, DUSUN SAKENAN BALERAN, KELURAHAN DELOD PEKEN, KECAMATAN TABANAN, KABUPATEN TABANAN

Authors

  • Mochammad Taha Ma’ruf Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Metta Liliana Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4629

Keywords:

Pencegahan Penyebaran Covid-19, Pengabdian Masyarakat, Protokol Kesehatan

Abstract

Di Indonesia penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) semakin meluas, dilihat dari kenaikan kasus setiap harinya. Namun kehidupan, harus tetap berlanjut sebagaimana diterapkannya peraturan New Normal sebagai perubahan perilaku masyarakat yang beradaptasi dengan kebiasaan gaya hidup baru dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.  Permasalahan yang terjadi di Lingkungan Maitreya Centre Tabanan pada masa pandemi Covid-19 adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam melakukan desinfeksi di sekitar lingkungan oleh karena kurangnya pengetahuan masyarakat dalam membuat desinfektan berbahan dasar alami dengan harga yang terjangkau, rendahnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya penggunaan masker yang baik dan benar. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah melakukan demonstrasi pembuatan Eco-enzyme sebagai desinfektan alami bahan yang mudah ditemukan dalam rumah tangga dengan harga yang terjangkau (metode pelatihan), mengadakan penyemprotan desinfektan alami di sekitar lingkungan (metode pelatihan), melakukan sosialisasi menggunakan masker ganda sesuai aturan (metode penyuluhan) serta membagikan masker ganda dan handsanitizer (metode praktik langsung) kepada masyarakat di lingkungan sekitar sebagai upaya menambah kesadaran masyarakat dalam hal penerapan protokol kesehatan untuk menurunkan penyebaran Covid-19 (metode praktik langsung). Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat di Lingkungan Maitreya Centre Tabanan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai berbagai upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Hasil akhir yang diharapkan yakni, masyarakat dapat membuat Eco-enzyme sebagai desinfektan alami, melakukan penyemprotan desinfektan alami secara mandiri, meningkatnya pemahaman dan kesadaran akan pentingnya penggunaan masker ganda dalam menerapkan protokol kesehatan.

References

Chandra, Y. N., Hartati, C. D., Wijayanti, G., Gunawan, H. G., (2020).Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik Menjadi Bahan Pembersih Rumah Tangga, In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1.

Fitriasari, E., 2021, Sosialisasi Penggunaan Masker Sebagai Upaya Penerapan Protokol Kesehatan Di Masyarakat Desa Kairatu, JAHE (Journal of Human and Education), 1(2), 9-11.

Harahap, R. G., Nurmawati, N., Dianiswara, A., Putri, D. L., (2021). Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme sebagai Alternatif Desinfektan Alami di Masa Pandemi Covid-19 bagi Warga Km. 15 Kelurahan Karang Joang. Sinar Sang Surya, Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 67-73.

LPPM Unmas. (2021). Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat, Denpasar, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Rosidi, A., Rosidi, E. N.(2020). Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) dalam Penanganan Covid-19 Sebagai Pandemi dalam Hukum Positif, Journal Ilmiah Rinjani, Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 193-197.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Ma’ruf, M. T., & Liliana, M. (2022). UPAYA PENINGKATAN PROTOKOL KESEHATAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN MAITREYA CENTRE TABANAN, DUSUN SAKENAN BALERAN, KELURAHAN DELOD PEKEN, KECAMATAN TABANAN, KABUPATEN TABANAN. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4629

Issue

Section

Articles