PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM WAHYU COLLECTION DI DESA GIANYAR

Authors

  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Gede Wedagama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Putu Padma Sarita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Agus Putra Wirawan Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4562

Keywords:

Pemasaran Online, Pendampingan, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sektor yang berkontribusi besar kepada perekonomian Indonesia. Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia membuat pelaku UMKM mengalami penurunan omset penjualan, salah satunya UMKM Wahyu Collection yang mengalami permasalahan, seperti terdapat penurunan  penjualan  karena pembatasan wilayah selama PPKM, sistem pemasaran yang dilakukan masih sebatas dari mulut ke mulut. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang dapat diberikan untuk meningkatkan perekonomian, khususnya pelaku usaha ditargetkan adalah dengan membantu usaha tersebut untuk menyusuri pangsa pasar online. Hal ini dikarenakan pangsa pasar online yang hari demi hari kian ramai. Maka dari itu tim pengabdi berinisiatif untuk membantu UMKM yang mengalami dampak pandemi melalui pendampingan pemasaran secara online. Hasil evaluasi berupa pemberian kuesioner menunjukkan bahwa UMKM Wahyu Collection memberikan hasil yang positif sebesar 98,55 % terhadap pelaksanaan program edukasi dan sosialisasi yang dilakukan.

References

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi Umkm Dalam Menghadapi Krisis Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.8, 1543-1552.

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik , 19-24.

Kemenkop dan UMKM. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018. Dikutip dari website https://kemenkopukm.go.id pada 29 Juli 2021

LPPM Unmas. (2021). Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi Vol. 19 No. 1, 76-86.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Made Wedasuwari, I. A., Wedagama, I. D. G. ., Padma Sarita, D. P. ., & Putra Wirawan, I. P. A. . (2022). PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM WAHYU COLLECTION DI DESA GIANYAR. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4562

Issue

Section

Articles