PENGUATAN LITERASI MELALUI CERITA INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.12418Keywords:
storytelling interaktif, pengabdian masyarakat, kolaborasi internasionalAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan storytelling interaktif bagi siswa kelas 4–6 SD 2 Jehem, Bangli telah dilaksanakan dengan sukses melalui kolaborasi internasional antara Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati (FBA UNMAS) dan LIPA City Colleges Filipina. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, literasi, dan kreativitas siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis cerita. Selama lima hari, peserta mengikuti rangkaian sesi yang mencakup pengenalan unsur-unsur storytelling, praktik teknik vokal dan ekspresi, serta simulasi bercerita secara kelompok. Tim fasilitator yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari dua negara menghadirkan pendekatan lintas budaya yang memperkaya pengalaman belajar siswa. Respon peserta sangat positif, tercermin dari partisipasi aktif dan peningkatan kepercayaan diri dalam menyampaikan cerita secara lisan. Kolaborasi internasional turut memberikan nuansa artistik dan metode pengajaran yang variatif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa dan ekspresi anak.
References
Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (3rd ed.). Pearson Education.
Celce-Murcia, M., Brinton, D. M., & Goodwin, J. M. (2010). Teaching Pronunciation: A Course Book and Reference Guide (2nd ed.). Cambridge University Press.
Ellis, G., & Brewster, J. (2014). Tell It Again! The Storytelling Handbook for Primary English Language Teachers (2nd ed.). British Council.
Haven, K. (2007). Story Proof: The Science Behind the Startling Power of Story. Libraries Unlimited.
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The Effects of Storytelling and Story Reading on the Oral Language Complexity and Story Comprehension of Young Children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Ladousse, G. P. (2004). Role Play: Resource Books for Teachers. Oxford University Press.
McCaslin, N. (2006). Creative Drama in the Classroom and Beyond (8th ed.). Pearson Education.
McDrury, J., & Alterio, M. (2003). Learning Through Storytelling in Higher Education: Using Reflection and Experience to Improve Learning. Kogan Page.
Ratminingsih, N. M., Artini, L. P., & Padmadewi, N. N. (2020). Storytelling-based learning to promote students’ speaking and cultural awareness. Lingua Cultura, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21512/lc.v14i1.6124
Suwardi, I. M. (2018). Cerita Rakyat Bali sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Budaya. Denpasar: Udayana University Press.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.
Wright, A. (1995). Storytelling with Children. Oxford University Press.







