PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK BAGI GURU DI SMK PGRI 4 DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Krismayani Krismayani FKIP, Unmas Denpasar
  • Ni Made Wersi Murtini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nengah Dwi Handayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Dwi Utari Pithaloka Devi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Candra Octaviani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Aprilia Dwi Cahayani Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.12178

Keywords:

Pelatihan, Pendampingan, TPACK

Abstract

Dengan perkembangan teknologi di dunia pendidikan, guru harus memiliki keterampilan yang tidak hanya terbatas pada pedagogi dan konten, tetapi juga menguasai teknologi. Metode TPACK menjadi dasar penting untuk menggabungkan ketiga komponen tersebut secara merata dalam proses pembelajaran. Guru di SMK PGRI 4 Denpasar menyadari pentingnya menerapkan pembelajaran berbasis TPACK untuk meningkatkan hasil belajar di era digital. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh Tim Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar bahwa guru membutuhkan pemahaman dan keterampilan praktis dalam menerapkan model pembelajaran berbasis TPACK. Selama kegiatan, para peserta menunjukkan peningkatan pemahaman mereka tentang ide-ide TPACK dan peningkatan kemampuan mereka dalam merancang pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman, kemampuan dan sikap peserta terhadap pembelajaran berbasis TPACK. Pemahaman awal guru tentang konsep dan penerapan TPACK masih rendah, sebesar 36,5% guru menyatakan Sangat Setuju. Setelah pelatihan, pemahaman mereka tentang semua aspek meningkat tajam sebesar 80% tanpa adanya respons netral atau negatif. Selain itu, para guru sangat antusias, berpartisipasi secara penuh dalam diskusi, dan sangat terlibat dalam setiap sesi pelatihan. Selain itu, mereka berharap bahwa di masa mendatang akan ada pendampingan lanjutan untuk penerapan TPACK dalam berbagai bidang.

References

Adipat, S. (2021). Developing Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) through Technology-Enhanced Content and Language-Integrated Learning (T-CLIL) Instruction. Education and Information Technologies, 26(5), 6461–6477. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10648-3

Akturk, A. O., & Ozturk, H. S. (2019). Teachers’ TPACK levels and students’ self-efficacy as predictors of students’ academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 283–294.

Andriyani, A. A. A. D., Mentari, N. M. I., Marantika, I. M. Y. M., Kumara, D. G. A. G. K., & Soniartini, N. L. S. (2023). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Etika Berkomunikasi & Materi Dasar Bahasa Inggris. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(1), 9–15. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6302

Bibi, S., & Khan, S. H. (2017). TPACK in action: A study of a teacher educator’s thoughts when planning to use ICT. Australasian Journal of Educational Technology, 33(4), 70–87. https://doi.org/10.14742/ajet.3071

Cahyono, B. Y., Kurnianti, O. D., & Mutiaraningrum, I. (2016). INDONESIAN EFL TEACHERS’ APPLICATION OF TPACK IN IN-SERVICE EDUCATION TEACHING PRACTICES Universitas Negeri Malang, Indonesia. International Journal of English Language Teaching, 4(5), 16–30.

Fathi, J., & Yousefifard, S. (2019). Assessing Language Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): EFL Students’ Perspectives. Relp, 7(2), 255–282. https://doi.org/10.30486/relp.2019.665888

Goradia, T. (2018). Role of educational technologies utilizing the TPACK framework and 21st century pedagogies: Academics’ perspectives. IAFOR Journal of Education, 6(3), 43–61. https://doi.org/10.22492/ije.6.3.03

Hegelheimer, V., & Schmidt-crawford, D. (2013). From TPACK-in-Action workshops to English classrooms : CALL competencies developed and adopted into classroom teaching by Shu-Ju Tai A dissertation submitted to the graduate faculty In partial fulfillment of the requirements for the degree of DOCTOR OF PH.

Rahimi Mehrak, & Pourshahbaz Shakiba. (2019). English as a Foreign Language Teachers’ TPACK : Emerging Research and Opportunities. In Advances in Educational Technologies and Instructional Design (AETID) Book Series. https://www.igi-global.com/book/english-foreign-language-teachers-tpack/199021

Rienties, B., Brouwer, N., & Lygo-Baker, S. (2013). The effects of online professional development on higher education teachers’ beliefs and intentions towards learning facilitation and technology. Teaching and Teacher Education, 29(1), 122–131. https://doi.org/10.1016/j.tate.2012.09.002

Sarıçoban, A., Tosuncuoğlu, I., & Kırmizi, Ö. (2019). A technological pedagogical content knowledge (TPACK) assessment of preservice EFL teachers learning to teach English as a foreign language. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(3), 1122–1138. https://doi.org/10.17263/jlls.631552

Tavares, R., & Moreira, A. (2017). Implications of Open Access Repositories Quality Criteria and Features for Teachers’ TPACK Development. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57916-0_1

Tseng, J.-J. (2014). Investigating EFL teachers’ technological pedagogical content knowledge: Students’ perceptions. 2014, 379–384. https://doi.org/10.14705/rpnet.2014.000249

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Krismayani, N. W. K., Wersi Murtini, N. M., Handayani, N. D., Pithaloka Devi, I. A. D. U., Octaviani, N. L. C., & Dwi Cahayani, K. A. (2025). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK BAGI GURU DI SMK PGRI 4 DENPASAR. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 6(2), 106–116. https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.12178