PENINGKATAN DAYA SAING DESTINASI MELALUI STRATEGI MEDIA SOSIAL UNTUK MENDORONG BRAND AWARENESS DAN MINAT MENGINAP WISATAWAN DI THE TWIN GARDEN VILLA PECATU

Authors

  • Ni Wayan Merry Nirmala Yani Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Bagus Suteja Politeknik Negeri Bali
  • Ni Putu Melinda Purwaningsih Politeknik Negeri Bali
  • Ni Ketut Ari Ningsih Politeknik Negeri Bali
  • Ni Putu Sri Ayu Kartika Dewi Politeknik Negeri Bali
  • Nyoman Yudi Udayana Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Putu Arynanda Mahardika Politeknik Negeri Bali
  • Made Nataliani Saninditha Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.11788

Keywords:

Brand awareness, Media sosial, Promosi, Strategi Pemasaran

Abstract

Pengabdian marketing untuk "The Twin Garden Villa Pecatu" merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa D-IV Manajemen Bisnis Pariwisata di Politeknik Negeri Bali sebagai bagian dari mata kuliah project. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk membantu melakukan promosi di platform online guna membangun brand awareness bagi The Twin Garden Villa Pecatu seperti promosi di media sosial (Instagram, Tiktok, Facebook) yang dapat menarik pengunjung lokal maupun mancanegara, memperkenalkan fasilitas akomodasi kepada pengunjung, dan meningkatkan pendapatan The Twin Garden Villa Pecatu. Metode promosi yang digunakan antara lain membuat promosi melalui berbagai media sosial, serta melakukan promosi secara langsung. Implementasi melibatkan tim projek dengan berbagai peran seperti marketing executive, content creator, social media specialist, graphic designer, accounting, serta photographer dan videographer. Keberhasilan marketing pada pengabdian kepada "The Twin Garden Villa Pecatu" dapat diukur melalui followers, like, comment, dan customer. Meskipun menghadapi kendala waktu dan sumber daya, kegiatan pengabdian ini tetap menitikberatkan pada pentingnya mengoptimalkan promosi untuk mendukung perkembangan usaha pariwisata lokal.

References

Amelia, A. R., & Widyawati, A. V. (2024). Faktor Keberhasilan Kampanye Facebook ADS : Perspektif Para Praktisi Meta Advertising. 5, 353–358.

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital : Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. JIMAT: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166. https://journal.stieamsir.ac.id/index.php/abrj/article/view/405

Bahri, S. (2020). Implementasi Teknik Seo ( Search Engine Optimization ) Pada Artikel Untuk Menempati Halaman 1 Pencarian Google. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 3(04), 41–48.

Dirgantara, K., Aurelius, R., Diaz, N., Putu, N., & Hendayanti, N. (2025). Corporate Identity Villa Kanchana Bali Luxury Sebagai Sarana Promosi. 2(1), 307–312.

Dita Pratiwi, Y., Ahmad Dahlan Cirendeu, J. K., Ciputat Tim, K., & Tangerang Selatan, K. (2024). Implementasi Customer Experience PT PGN Area Bekasi Dalam Membangun Brand Awareness. Agustus, 3, 90–111. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i3.161

Fendiansyah, E. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Psis Store. Diponegoro Journal of Management, 11(6), 1. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Lestari, Y. elisa. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Produk Kecantikan Wardah. J-Sikom, 3(2), 81–93. https://doi.org/10.36085/jsikom.v3i2.4135

Novelia, D. A. P. D., Kasiani, & Yudistira, C. G. P. (2022). Analisis Strategi Promosi Dalam Menjaga Citra Pariwisata Bali. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 615–622.

Nurfarida, I. N., & Sarwoko, E. (2022). Customer intention berkunjung ke Cafe & Resto: peran social media marketing. MBR (Management and Business Review), 6(2), 248–260. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i2.7296

Saragih, E. H., Bayupati, I. P. A., & Putri, G. A. A. (2021). Pengembangan Business Intelligence Dashboard untuk Monitoring Aktivitas Pariwisata (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Provinsi Bali). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6), 1159–1168. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021863755

Suardana, I. K., & Nawing, A. Y. (2022). Strategi Efisiensi Butler Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu Di Villa Dukuh Tabanan Bali. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan), 5(1), 38–44.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Merry Nirmala Yani, N. W., Bagus Suteja, I. G., Melinda Purwaningsih, N. P., Ari Ningsih, N. K., Ayu Kartika Dewi, N. P. S., Udayana, N. Y., … Saninditha, M. N. (2025). PENINGKATAN DAYA SAING DESTINASI MELALUI STRATEGI MEDIA SOSIAL UNTUK MENDORONG BRAND AWARENESS DAN MINAT MENGINAP WISATAWAN DI THE TWIN GARDEN VILLA PECATU. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 6(2), 85–96. https://doi.org/10.36733/jadma.v6i2.11788