Rosana Pranadila Nilai Moral Dalam Film Fukushima 50 Karya Youichi Maekawa

Artikel Jurnal

Authors

  • Rosana Pranadila Fakultas Bahasa Asing Program Studi Sastra Jepang
  • Ni Wayan Meidariani Program Studi Sastra Jepang Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Betty Debora Aritonang Program Studi Sastra Jepang Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk nilai moral menurut teori James Rachels dalam film Fukushima 50 karya Youichi Maekawa yang mengutamakan nilai moral keberanian, nilai moral kemurahan hatian, nilai moral kejujuran, serta nilai moral kesetiaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan mengobservasi data kemudian  mengumpulkan data dengan cara mendengar dan menonton film Fukushima 50 kemudian mengamati, menganalisis, menggambarkan, dan mencatat situasi dan kondisi dari sumber data tersebut untuk menekankan hubungan yang akan diteliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi untuk menjelaskan data yang sudah ditemukan. Data dalam penelitian ini berupa kutipan dialog antar tokoh dan tingkah laku yang menggambarkan nilai moral yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa film Fukushima 50 karya Youichi Maekawa terdapat nilai moral yang diutamakan oleh teori moral James Rachels. Nilai moral kesetiaan menjadi nilai yang mendominasi dalam film Fukushima 50 karya Youichi Maekawa. Tokoh utama yaitu Izaki menunjukan nilai moral kesetiaan dengan jumlah paling banyak.  

Kata Kunci: Moral, film Fukushima 50, James Rachel

Downloads

Published

2024-01-12