PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RENDAHNYA MINAT BACA SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMAS ULIL ALBAAB LENDANG JARAN

Authors

  • Nikmatulloh SMAS Ulil Albaab Lendang Jaran
  • Ni Komang Dina Suciari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

minat baca, model PBL, pembelajaran berbasis masalah, virus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat baca siswa pada materi virus di kelas X SMAS Ulil Albaab Lendang Jaran. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret 2022 dengan melibatkan 30 siswa kelas X sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui angket kuisioner sebelum dan setelah penerapan PBL, serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai instrumen tambahan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengidentifikasi perubahan minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan minat baca siswa dari 71,4% menjadi 81,5% setelah penerapan PBL. Proses pembelajaran PBL melibatkan langkah-langkah, mulai dari pretest, pemilihan proyek, hingga pembagian kelompok heterogen. Siswa diberikan pilihan topik berbasis masalah yang berkaitan dengan materi virus. Penerapan PBL mendorong keterlibatan aktif siswa, memperkaya pengalaman pembelajaran, dan meningkatkan minat baca. Penelitian ini memberikan wawasan komprehensif tentang efektivitas PBL dalam meningkatkan minat baca siswa di tingkat kelas X SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2021). Meningkatkan Penguasaan Materi Metabolisme Mata Pelajaran Biologi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Madrasah Aliyah Negeri Sampang. IQTISODINA, 4(2), 172-188.

Aspridanel, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(2), 24-34.

Astuti, R. P., & Junaedi, I. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui PBL Pada Siswa Kelas X SMA. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 93-100.

Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. SAINSMAT" Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 7(2), 114-124.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35.

Fisher, D., Frey, N., & Lapp, D. (2002). The Role of Text in Classroom Learning. Reading Research Quarterly, 37(4), 348-377.

Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Hung, W. (2011). Theory to Reality: A Few Issues in Implementing Problem-Based Learning. Educational Technology Research and Development, 59(4), 529–552.

Kono, R. (2016). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa tentang ekosistem dan lingkungan di kelas x sma Negeri 1 Sigi. JSTT, 5(1).

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1), 3.

Smith, J., & Brown, A. (2017). Enhancing Student Engagement in Science: Project-Based Learning Approaches. Journal of Science Education and Technology, 26(3), 348-360.

Snyder, T. D., & Dillow, S. A. (2015). Digest of Education Statistics 2013 (NCES 2015-011). National Center for Education Statistics.

Karmila, M., Palennari, M., & Rosyadi, I. (2023). Model Problem Based Learning: Upaya Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik di SMAN 16 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1069-1077.

Mayasari, R., & Adawiyah, R. (2015). Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3).

Downloads

Published

2022-03-07

How to Cite

Nikmatulloh, & Ni Komang Dina Suciari. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RENDAHNYA MINAT BACA SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMAS ULIL ALBAAB LENDANG JARAN. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 4(1), 36–42. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8116