PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MAHKLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
Keywords:
Problem Based Learning, Motivasi Belajar, TPACKAbstract
Penelitian ini secara khusus memfokuskan pada dampak motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas X AP A Jurusan Perhotelan SMK Negeri 1 Susut. Dalam konteks ini, motivasi belajar dan disiplin belajar diidentifikasi sebagai faktor kunci yang memengaruhi pencapaian siswa dalam pembelajaran IPAS. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK, penelitian ini melibatkan 26 siswa dalam empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan analisis/refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Awalnya, motivasi belajar siswa hanya mencapai 39,52%, namun melalui intervensi siklus pertama dan kedua, persentase tersebut meningkat menjadi 72,86%, menciptakan perubahan yang positif dan konsisten. Temuan ini menggambarkan bahwa pendekatan pembelajaran inovatif dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan, pada akhirnya, berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar dalam mata pelajaran IPAS. Implikasinya, pendidik dan pengambil kebijakan dapat mempertimbangkan penerapan strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa untuk mendorong motivasi dan prestasi belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Jonassen, D. H. (1999). "Designing Constructivist Learning Environments." In C. M. Reigeluth (Ed.), Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory (pp. 215-239). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Hung, W. (2011). "Theory to Reality: A Few Issues in Implementing Problem-Based Learning." Educational Technology Research and Development, 59(4), 529-552. DOI: 10.1007/s11423-011-9191-7
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013: Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Savery, J. R., & Duffy, T. M. (2001). "Problem-Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivist Framework." In S. M. Carver & D. Klahr (Eds.), Cognition and Instruction: Twenty-Five Years of Progress (pp. 135-146). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Nugroho, T. P., & Wulandari, V. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning Berbasis TPACK Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(2).