Konsep dan Indikator Tentang Politik dan Hukum (Konfigurasi Politik dan Otoriter) Tipe Hukum Represif,Otonom dan Responsif

Authors

  • I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Hukum represif, otonom dan responsif

Abstract

Fungsi Instrumental hukum sebagai sarana kekuasaan politik lebih dominan dan lebih terasa jika dibandingkan dengan fungsi hukum lainya. maka tidak mengherankan saat produk hukum hanya dalam rangka memfasilitasi dan mendukung politik, mengakibatkan segala peraturan dan produk hukum yang tidak. Penulisan ini memiliki rumusan masalah bagaimana lebih lengkapnya mengenai konsep dan indikator tentang politik dan hukum (konfigurasi politik dan otoriter) serta tipe hukum represif, otonom, dan responsif di pembahasan. Selain itu juga mengapa adanya konfigurasi politik dapat mempengaruhi produk dari hukum. Hukum merupakan produk politik yang memandang hukum sebagai formalisasi atau kristalisasi dari kehendak – kehendak politik yang saling berinteraksi dan saling bersaingan. Konfigurasi politik suatu negara akan melahirkan karakter produk hukum tertentu di negara tersebut.

References

Buku

Gwendolen M. Carter dan John H. Herz, “Demokrasi dan Totaliterisme: Dua Ujung dalam Spektrum Politik”, dalam Miriam Budiardjo, Masalah Kenegaraan, (Jakarta: PT Gramedia, cet III), hlm. 8.

M. Amien Rais. 1986. Pengantar dalam Demokrasi dan Proses Politik, Jakarta: LP3ES. Mahfud MD. 2009. Politik Hukum di Indonesia. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Robert A. Dahl. 1985. Dilema Demokrasi Pluralis: Antara Otonomi dan Kontrol, Jakarta: CV Rajawali, hlm. 8-9.

Sri Soemantri Martosuwignjo, “Pembangunan Hukum Nasional dalam Perspektif Kebijaksanaan”, Fakultas Hukum UII, Yogyakarta, hlm. 6.

Jurnal dan Artikel

Ahmadi 2016, ‘Kontroversi Penerapan Hukum: Telaah Sintesa Hukum Represif, Hukum Otonom Dan Hukum Responsif’, Jurnal Al-‘Adi, vol 9 no. 1, hh 7-14.

Chusainul, 2011,Tipe Hukum Represif, blogspot.com,diakses pada 29 Februari 2020, http://chusainul.blogspot.com/2011/10/hukum-represif.html?m=1

Mutaqin K 2017, Konfigurasi Politik dan Karakter Produk Hukum, Kompasiana.com, Dilihat tanggal 29 February 2019, https://www.kompasiana.com/choirul14/59f453e0ed4ed63b0b202783/konfigurasi-politik- dan-karakter-produk-hukum.

Shawir Arsyad, 2012, Hukum Otonom:Philippe Nnet dan Philip Selznick, blogspot.com, diakses pada 29 Februari 2020, http://arsyadshawir.blogspot.com/2012/11/hukum-otonom- philippe-nonet-dan-philip.html?m-1

Downloads

Published

2022-03-30