PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA KERAJINAN KERAMIK DI BADUNG

Authors

  • Putu Wulan Ariantini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ngurah Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja Pemasaran, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing

Abstract

Orientasi Pasar adalah segala sistem yang berhubungan dengan aktivitas dan hasil yang diperoleh. Kinerja pemasaran didefinisikan sebagai usaha pengukuran tingkat kerja meliputi volume penjualan, jumlah pelanggan dan pertumbuhan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana faktor pengaruh orientasi pasar  pada pengusaha kerajinan keramik Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan menyebarkan kuesioner kepada pengusaha kerajinan keramik. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 pedagang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis yang digunakan menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada kerajinan keramik, keunggulan bersaing  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada kerajinan keramik

Downloads

Published

2020-08-20

Issue

Section

Articles