PENGARUH PERSEPSI HARGA, DIRECT MARKETING PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT BELI PAKET WISATA BALI DI BIRO TOUR DAN TRAVEL PT. U & I HOLIDAYS

Authors

  • I Komang Dipa Santika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ngurah Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihanaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Persepsi Harga, Promosi Direct Marketing, Kualitas Pelayanan, Niat Beli

Abstract

Niat beli didefinisikan sebagai penentu dari pembeli untuk melakukan suatu  tindakan seperti membeli suatu produk atau jasa Mowen (2002:55). Menurut Swastha (1999:251) niat beli yaitu mengidentifikasi semua pilihan yang mungkin untuk memecahkan persoalan itu dan menilai pilihan-pilihan secara  sistematis dan objektif serta saran-sarannya yang menentukan keuntungan dan kerugian masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor seperti persepsi harga, direct marketing promosi, dan kualitas pelayanan terhadap niat beli. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang terkait dengan pembelian paket wisata Balidi PT. U & I Holidays dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara penyebaran kuesioner. Dimana teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, variabel direct marketing promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, sementara itu variabel kualitas pelayanan berpengaruh poitif terhadap niat beli. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap niat beli.

Published

2020-08-20

Issue

Section

Articles