PENGARUH PERSEPSI HARGA, DIRECT MARKETING PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT BELI PAKET WISATA BALI DI BIRO TOUR DAN TRAVEL PT. U & I HOLIDAYS
Keywords:
Persepsi Harga, Promosi Direct Marketing, Kualitas Pelayanan, Niat BeliAbstract
Niat beli didefinisikan sebagai penentu dari pembeli untuk melakukan suatu tindakan seperti membeli suatu produk atau jasa Mowen (2002:55). Menurut Swastha (1999:251) niat beli yaitu mengidentifikasi semua pilihan yang mungkin untuk memecahkan persoalan itu dan menilai pilihan-pilihan secara sistematis dan objektif serta saran-sarannya yang menentukan keuntungan dan kerugian masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor seperti persepsi harga, direct marketing promosi, dan kualitas pelayanan terhadap niat beli. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang terkait dengan pembelian paket wisata Balidi PT. U & I Holidays dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara penyebaran kuesioner. Dimana teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, variabel direct marketing promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, sementara itu variabel kualitas pelayanan berpengaruh poitif terhadap niat beli. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap niat beli.