PENGARUH PACKAGING, QUALITY PRODUCT, PRICE FAIRNESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA KERIPIK PISANG THE SNACKRIS

Authors

  • I Putu Krisna Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

packaging, quality product, price fairness, kepuasan pelanggan

Abstract

Perkembangan dan persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap usaha untuk tanggap dan responsif terhadap berbagai perubahan yang terjadi. Dalam konteks ini, kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama yang harus dicapai. Kepuasan pelanggan sendiri merupakan hasil dari respons pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, yang muncul setelah mereka membandingkan harapan awal dengan kinerja aktual yang dirasakan setelah pembelian. Penelitian ini dilakukan di usaha Keripik Pisang The Snackris untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Packaging, quality Product, dan Price Fairness terhadap kepuasan pelanggan pada usaha Keripik Pisang The Snackris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 112 responden yang merupakan pelanggan The Snackris. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengukur sejauh mana masing-masing variabel independen memengaruhi variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu Packaging, quality product dan price fairness, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini, usaha Keripik Pisang The Snackris disarankan untuk meningkatkan packaging, quality product, dan price fairness guna mendukung peningkatan kepuasan pelanggan secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-09-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>