PENGARUH BEAUTY INFLUENCER, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN FEAR of MISSING OUT (FoMO) TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK SOMETHINC PADA APLIKASI TIKTOK SHOP (Studi Pada Pengguna Tiktok Shop di Kota Denpasar)

Authors

  • Ni Ketut Siwi Cahyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I G NG A Gede Eka Teja Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Beauty Influencer, Online Customer Review, Fear Of Missing Out, Impulse Buying

Abstract

Tingginya kepuasan pelanggan ini berpotensi mendorong pembelian impulsif dari calon konsumen yang ingin merasakan manfaat produk Somethinc secara langsung. Impulse buying dapat dipengaruhi banyak faktor seperti beauty influencer, online customer review dan fear of missing out. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beauty influencer, online customer review dan fear of missing out terhadap impulse buying. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang pernah membeli produk Somethinc di Tiktok Shop secara tidak terancana (impulse buying), berusia minimal 17 tahun ke atas dan sampel sebanyak 70 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil beauty influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dan fear of missing out berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Somethinc  diharapkan selalu menyediakan produk yang memliki banyak manfaat sesuai yang dibutuhkan konsumen, agar nantinya dapat membuat konsunen melakukan pembelian secara tidak terencana, selalu memberikan produk yang berkualitas, agar nantinya beauty influencer selalu memberikan memberikan review yang positif dan jujur, selalu menawarkan produk sesuai dengan apa dari deskripsi produk atau sesuai dengan yang dijanjikan kepada konsumen dan memanfaatkan ketergantungan konsumen pada media sosial, dengan selalu aktif dalam melakukan promosi dimedia sosial.

Downloads

Published

2025-06-02

Issue

Section

Articles