THE PERCEPTION OF EFL STUDENTS TO THE USE OF CODE-SWITCHING IN CLASSROOM

Authors

  • Vonny Purnama ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.36733/sphota.v12i2.944

Keywords:

Code-Switching, EFL Students, Perception

Abstract

Bahasa memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Penggunaannya tidak terlepas dari komunikasi kita sehari-hari. Salah satu bahasa yang digunakan oleh semua orang di dunia untuk berkomunikasi satu sama lain sebagai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Bahasa ini merupakan bahasa asing bagi siswa EFL khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, dalam proses pengajaran bahasa ini, biasanya terjadi alih kode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa EFL terhadap penggunaan alih kode di dalam kelas. Para siswa yang menjadi perhatian adalah siswa yang berada pada kelas mata kuliah bahasa Inggris untuk pendidikan tinggi. Metode pengumpulan data penelitian ini langsung dari angket siswa. Penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini dalam menganalisis data. Terdapat tiga puluh satu siswa yang terlibat dalam kuesioner setelah mereka menyelesaikan kelas mata kuliah bahasa Inggris. Data dari angket tersebut, kemudian dianalisis berdasarkan teori Cohen (2010) untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan alih kode dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan persepsi positif mengenai penggunaan alih kode dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Persepsi positif tentang penggunaan alih kode ini diharapkan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris bagi siswa EFL.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Vonny Purnama. (2020). THE PERCEPTION OF EFL STUDENTS TO THE USE OF CODE-SWITCHING IN CLASSROOM . SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 12(2), 48–57. https://doi.org/10.36733/sphota.v12i2.944