PENINGKATAN LITERASI ANAK LKSA WIDHYA ASIH BADUNG MELALUI PELATIHAN READING DAN PUBLIC SPEAKING

Authors

  • Putu Chrisma Dewi Universitas Dhyana Pura
  • I Gusti Nyoman Putra Kamayana Fakultas Ekonomika dan Humaniora Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.36733/sphota.v12i1.680

Keywords:

Literasi, membaca, ide pokok, berbicara

Abstract

ABSTRAK

 

LKSA Widhya Asih Badung merupakan salah satu dari 6 cabang LKSA Widhya Asih yang tersebar di seluruh Bali. Masing-masing berlokasi di Badung,  Melaya, Blimbingsari, Singaraja, Bangli, dan Amlapura Literasi bukan hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi kemampuan memanfaatkan teknologi, politik, berpikir kritis, dan peka terhadapi lingkungan sekitar. Literasi dapat juga diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan informasi untuk mengembangkan pengetahuan sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat Untuk itu, LKSA Widhya Asih memandang perlu anak-anak diberikan pelatihan literasi, dalam bentuk kegiatan reading corner, sehingga anak-anak bukan hanya bisa membaca, tetapi juga dapat berbicara dan menulis dengan baik. Setelah dilakukan pelatihan membaca, kemampuan anak-anak untuk menentukan ide pokok dalam sebuah bacaan meningkat dengan rata-rata 33,33%, dan kemampuan public speaking anak meningkat hingga 11,11%.

Downloads

Published

2020-03-17

How to Cite

Dewi, P. C., & I Gusti Nyoman Putra Kamayana. (2020). PENINGKATAN LITERASI ANAK LKSA WIDHYA ASIH BADUNG MELALUI PELATIHAN READING DAN PUBLIC SPEAKING. SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 12(1), 1–5. https://doi.org/10.36733/sphota.v12i1.680