METAPHORICHAL EXPRESSION IN THE BEATLES “LOVE”

Authors

  • Wayan Heka Arcana Putra STIBA Saraswati Denpasar
  • I Wayan Juniartha STIBA Saraswati Denpasar

Abstract

ABSTRACT                                                                                                       

Dalam mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran, manusia sebagai mahluk yang ekspresif, selalu menemukan cara mengungkapkan pikiran tersebut dalam kalimat dan menuangkan dalam sebuah karya baik itu novel, drama, puisi, atau syair lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jenis metafora dan maknanya pada lirik lagu Beatles pada album Love.

Data diperolah dari lirik lagu sebuah grup musik bernama The Beatles yang merupakan salah satu grup musik yang sangat terkenal di dunia. Dalam album “Love “, ditemukan 26 lagu dan akhirnya dipilih 8 lagu untuk dianalisa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dimulai dengan mencatat lirik dari 8 lagu The Beatles yang memuat majas metafora dan mengategorikan data-data tersebut berdasarkan tipe metafora. kemudian data dianalisa dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan teori metafora oleh Lakoff and Johnson (2003) dan didukung dengan teori dari Konvecses (2002; 2010) and Lakoff (1980).  

Hasil temuan dari penelitian ini bahwa terdapat ketiga jenis metafora, yaitu: Structural Metaphor, Orientational Metaphor, dan Ontological Metaphor dan juga figure berkaitan yang dipakai dalam data pada lirik lagu grup musik The Beatles. Selain itu, proses mapping  ungkapan metafora dari sumber ke ranah target banyak mengungkap makna sebenarnya. Penelitian ini banyak mengungkap metafora yang digunakan pada lirik lagu dan ungkapan tersebut kebanyakan mencerminkan pengalaman hidup manusia dan interaksi manusia dengan dunia sekitarnya.

Kata kunci: metaphorical expression, mapping, meaning, The Beatles

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Wayan Heka Arcana Putra, & I Wayan Juniartha. (2017). METAPHORICHAL EXPRESSION IN THE BEATLES “LOVE”. SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 9(2). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/sphota/article/view/1470