THE INFLUENCE OF DAILY LIFE LEARNING SYSTEM THROUGH VIDIO SHOOTING ON ENGLISH SPEAKING PERFORMANCE
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengaruh sistem pembelajaran berbasis konteks kehidupan sehari-hari melalui perekaman vidio terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Desain penelitian menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan model tes awal-tes akhir kelompok tunggal. Siswa SMPN 3 Kuta Selatan merupakan sumber data yang dikumpulkan melalui metode probality random sampling dengan jumlah sampel 36 peserta didik dari 6 kelas yang ada. Tes awal berupa unjuk kerja berbicara bahasa Inggris diberikan untuk mengetahui kemampuan awal mereka. Kemudian diberikan perlakuan dengan model pembelajaran yang inovatif melalui perekaman vidio yang mana materinya mengacu pada konteks kehidupan nyata. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan siswa, mereka diberikan tes akhir berupa unjuk kerja. Berdasarkan pengamatan hasil, penelitian ini menunjukan nilai rerata tes awal hanya 43.22 dan nilai rerata pos tes untuk mengukur tingkat keefektifan tindakan adalah 51.11. Dengan menggunakan t-test dapat ditemukan bahwa t-observed dengan tingkat signifikansi 0.05, yaitu 4.63 lebih tinggi dari t-table yaitu 2.03, maka hipotesa penelitian ini diterima yaitu sistem pembelajaran berbasis kehidupan sehari-hari melalui perekaman vidio memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Ini dapat diperkuat dari data tambahan hasil wawancara dan kuesioner yang mana mereka merasa proses pembelajaran lebih menarik dan menantang.
Kata Kunci: pembelajaran otentik, kontekstual, komunikatif