PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP GANESHA DENPASAR
Keywords:
Alih Kode, Campur Kode, Bahasa IndonesiaAbstract
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode guru dan siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMP Ganesa Denpasar dalam komunikasi proses belajar mengajar di kelas. Selanjutnya penelitian ini bertujuan pula untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi alih kode dancampur kode dalam komunikasi guru-siswa saat berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan cara pengumpulan data bermacam-macam material dengan kajian teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan berkembang pada situasi sosial yang diteliti. Metode observasi juga dilakukan guna untuk mengukur sikap responden dengan cara merekam fenomena yang diteliti. Menganalisis data dengan cara menarikan kesimpulan dari hasil rekaman yang nanti dapat digunakan untuk mengambil tindakan. Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah meneliti jenis, factor dan pengaruh alih kode dan campur kode terhadap proses belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Ganesa Denpasar.
Kata kunci : Alih Kode, Campur Kode, Bahasa Indonesia