STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING DAN MENGOPTIMALKAN PEMBUKUAN KEUANGAN SEDERHANA DI TOKO MSHOP DAN MPROJECT

Penulis

  • Yenny Verawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Tri Risnawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digital Marketing, Pemasaran, Pencatatan Keuangan

Abstrak

Toko Mshop dan Mproject merupakan badan usaha yang bergerak dalam perdagangan barang retail fashion dan aksesoris yang cocok dijadikan gift. Usaha ini memberikan pelayanan berbelanja melaui online (e-commerse) dan offline (toko) yang aman dan nyaman. Digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan informasi antara perusahaan dan konsumen yang berupa web site, web banner, social networking, e-mail marketing dan affiliate marketing. Mshop dan Mproject kini dapat memanfaatkan digital marketing yang mencakup banyak teknik dan praktik yang         terkandung dalam kategori pemasaran internet, seperti social media marketing, content marketing, branding, web design dan lainnya. Pada saat efektivitas pemasaran tradisional mengalami penurunan, Melalui pemasaran produk yang lebih kreatif dengan menggunakan media teknologi diharapkan dapat meningkatkan akses penjualan dan akses perolehan pendapatan yang lebih tinggi bagi pelaku usaha. Masalah lainnya yang dihadapi yaitu biasanya berkaitan dengan keuangan. Belum adanya pencatatan keuangan yang memadai dan sistem pembukuannya masih dibuat dengan cara manual. Hal ini tentu saja akan menyulitkan karena harus menulis satu persatu pemasukan dan pengeluaran usaha sehingga menyita banyak waktu, dan sering kali dapat terjadi salah pencatatan dan perhitungan. Untuk mencegah hal tersebut adapun kegiatan yang dilakukan yaitu dengan membuat pembukuan sederhana menggunakan microsoft excel sehingga memudahkan dalam melakukan pencatatan keuangan.

Referensi

Alinsari, N. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256–268. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268

Iswara, U. S., Setyabudi, T. G., & Palupi, D. (2022). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Macro Coffee Roastery. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Literasi, 2(1), 485–489.

Dewi, S. R., Andari, A., Rahmawati Masitoh, M., & Octaviani, S. (2021). Financial Book Keeping, And Online Marketing Training For Micro, Small And Medium Enterprises. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 79–86. https://doi.org/10.30656/ka.v3i2.3084

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., & Arum, D. P. (2022). PENERAPAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740-746.

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.

Kasih, N. L. S., Adnyana, I. P. A., & Damayanti, K. R. G. (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Internet Marketing, Akutansi Dan Manajemen Keuangan Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Produk. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(1), 104-109.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Verawati, Y., & Risnawati, N. K. T. . (2024). STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING DAN MENGOPTIMALKAN PEMBUKUAN KEUANGAN SEDERHANA DI TOKO MSHOP DAN MPROJECT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 615–619. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9405