STRATEGI MENGEMBANGKAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM JAJANAN BALI BUK KOMANG

Penulis

  • I Gede Cahyadi Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Ella Silvia Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Jajanan, Pemasaran, Media Sosial, Laporan Keuangan, Logo Usaha

Abstrak

Usaha jajanan khas Bali Buk Komang ini dirintis oleh Ibu Ni Komang Artini. Awal mula berdirinya usaha jajanan khas Bali ini diawali dari resep yang diberikan oleh ibunya yaitu Ibu Nyoman Singgeh. Usaha jajanan khas Bali ini belum diberi nama dan hanya dijual di rumah saja tentunya dengan pembeli yang terbatas. Pembuatan jajanan Buk Komang Bali merupakan salah satu industri makanan rumah tangga yang dilakukan oleh warga yang beralamat Jalan Selat, Apuan Singapadu, Sukwati – Gianyar, secara sederhana dan manual.Usaha jajanan khas Bali Buk Komang memang sudah terkenal di lingkungannya, namun UMKM ini masih memerlukan beberapa strategi untuk terus mengembangkan usahanya agar semakin banyak masyarakat yang mengetahuinya. Strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan promosi di media sosial Instagram dengan membuat konten, serta membuat logo usaha jajanan Bali Buk Komang agar usaha ini memiliki ciri khas tersendiri, dan juga membuat laporan keuangan sederhana di excel agar Buk Komang mengetahui keuntungan yang didapat.

Referensi

Dr. Drs. Ngatno, MM. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Semarang: Efpress Digimedia.

Ayu Agus Rianti, S.E. Doni Swadarma, S. Pd. 2012. Pembukuan Sederhana Usaha Dagang dan Jasa: Untuk Perusahaan Kecil dan Menengah. Indonesia: Laskar Aksara.

Sri Mulyati., SE.,M.,SI.,Ak.,CA, dkk. 2017. Akuntansi Biaya. Aceh Utara: Sefa Bumi Persada.

Putu Krisna Adwitya Sanjaya dan I Putu Nuratama. 2021. Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Gowa: CV Cahaya Bintang Cemerlang.

Dr. Marissa Grace Haque-Fawzi, S.H., M.Hum., M.B.A., M.H., Msi, dkk. 2021. Strategi Pemasaran Konsep, Teori, dan Implementasi. Banten: Pascal Books.

Ayuningsih, N. P. M., Permana, P. A. G., Hendayanti, N. P. N. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan Dengan Menggunakan Buku Kas Pada Usaha Jajan Tradisional Khas Bali. Jurnal Pengabdian Masyarakat, (Vol. 3, No. 1).

Sari, I. A. L. N., Putri, D. A. P. A. G. (2021). Pengembangan UMKM Jajan Sengait Di Desa Sading Melalui Inovasi Branding dan Packaging. Jurnal Pengabdian, (Vol. 5, No. 2).

Suardika, I. G., Untari, M. D. A., Dewi, N. A. N. (2021). Pelatihan Pemasaran dan Labeling pada Usaha Jajan Laklak di Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, (Vol. 4, No. 1).

Hendayanti, N. P. N., Aghivirwiati, G. A., Deviana., Saryanti, G. A. D., Kusuma, G. A. D., Hadi, R., Nurhidayati., M. (2023). Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Omzet Usaha Jajan Bali Mahalaksmi Desa Petang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, (Vol. 2, No. 2).

Adipratiwi, N. K. M., Sukadana, I. W. (2021). Optimalisasi Penggunaan Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran Usaha Jajanan Bali. Jurnal Qardhul Hasan : Media Pengabdian kepada Masyarakat, (Vol. 7, No. 3).

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Putra, I. G. C. ., & Silvia, N. K. E. . (2024). STRATEGI MENGEMBANGKAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM JAJANAN BALI BUK KOMANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 499–504. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9388