PENGEMBANGAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBUKUAN PADA CV BALI PURNAMA

Penulis

  • I Gusti Putu Eka Rustiana Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Cahyadi Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Made Mya Yudia Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Widhi Ekawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Aplikasi Catatan Keuangan, Sosial Media

Abstrak

CV Bali Purnama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distribusi produk – produk makanan, minuman, dan peralatan kebersihan yang diperlukan oleh HORECA (Hotel, Restaurant, dan Café) yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pengembangan social media dan penggunaan system pembukua menggunakan aplikasi catatan keuangan. Penelitian ini dilakukan selama 45 hari. Hasil dari penelitian ini adalah CV Bali Purnama mampu mengembangkan akun Instagram dengan melakukan promosi sehingga dapat memperluas pemasan dan meningkatkan penjuakan serta mampu melakukan pencatatan pembukuan dengan menggunakan aplikasi catatan keuangan sehingga pencatatan dapat dilakukan dengan cepat, efektif dan meminimalisir kesalahan.

Referensi

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Erie Hariyanto, M. (2013). Hukum Dagang & Perusahaan di Indonesia. Surabaya: Pena Salsabila.

Firdaus, Anisah & Rofi’i, Ahmad & Rohman, Aris & Tsrif, Muh. (2024). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Daya Saing dan Tingkat Penjualan di Swalayan Surya Ponorogo. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA). 4. 107-115. 10.47709/jebma.v4i1.3481.

Juwita, I. (2018). Perancangan Aplikasi Pengarsipan Berkas Pada Kantor Notaris Dila

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan omset penjualan melalui diversifikasi produk dan strategi promosi pada umkm kerajinan souvenir khas palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-43.

Lathifa, D. (2022). Pembukuan untuk Perusahaan, Ini Fungsi dan Cara Membuatnya.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Selvi, E., & Untari, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memanfaatkan Aplikasi Shopee Pada Akun Subur Batik. MPU PROCURATIO, 2(1), 281-288.

Setiawan, Z. &. (2023). Buku Ajar Manajemen Pemasaran . Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Dewi, I. G. P. E. R. ., Putra, I. G. C. ., Sari, D. M. M. Y. ., & Ekawati, P. W. . (2024). PENGEMBANGAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBUKUAN PADA CV BALI PURNAMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 447–450. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9376