STRATEGI PENGUATAN TATA KELOLA KEUANGAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO ROTI LAPIS BUAH BU ARIANI DI DESA PETAK

Penulis

  • I Putu Wahyu Dwinata JS Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ngakan Gde Paramarta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Pembukuan, Media Sosial, Desain Logo

Abstrak

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Ini merujuk pada sektor usaha dengan skala kecil hingga menengah yang berperan penting dalam perekonomian sebuah negara. Usaha mikro biasanya memiliki jumlah karyawan yang sangat sedikit, sementara usaha kecil dan menengah mungkin memiliki karyawan lebih banyak tetapi masih dalam skala yang lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan besar. Pada kegiatan observasi, pemilik usaha mengatakan bahwa omzet yang didapat tergantung dari pangsa pasar dan minim mengalami kenaikan bahkan dikatakan segitu-segitu saja. Adapun permasalahan yang dihadapi pemilik usaha UMKM yaitu: Pelaku UMKM masih belum menyadari pentingnya tata kelola keuangan dan pembukuan yang rapi. Selain pembukuan, UMKM khususnya perdagangan makanan atau minuman saat ini kurang dengan adanya promosi dalam hal ini di media sosial. Serta kurang perhatiannya pada desain logo sebagai tanda pengenal dari usaha tersebut. Dari permasalah tersebut kami berinisiatif untuk memberikan beberapa solusi yaitu: 1) Melakukan bimbingan kepada mitra tentang pembukuan keuangan yang sederhana. 2) Melakukan pemasaran melalui akun media sosial instagram. 3) Membuatkan desain logo dan spanduk usaha. Diharapkan dengan dilakukan program pengabdian masyarakat ini dapat membantu UMKM khususnya UMKM Roti Lapis Buah Bu Ariani mendapatkan omzet lebih dari sebelumnya dan mengembangkan pangsa pasarnya.

Referensi

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Journal of Marketing Management, 12 (2), 101–112. Diakses pada 25 Maret 2022

Subur, R.S., & Hasyim, M. (2014). Pelatihan Manjemen Keuangan pada pelaku Usaha Toko Kelontongan Dusun Puluhan Desa Banyusidi Pakis Magelang Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 134-140. Diakses pada 25 Maret 2022

Sidik, M. R., & Kanda, A. S. (2024). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Terhadap Tingkat Penjualan: Penelitian di wilayah Kecamatan Cicalengka. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(1), 328-342.

Andrika, A., & Suroso, A. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemasaran Digital: Pendekatan Praktis dan Strategis di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 68-80.

Santi, F., & Sari, J. R. (2024). PENGENALAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN TALANG ULU. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(1), 14-22.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Dwinata JS, I. P. W. . ., & Paramarta, D. N. G. . (2024). STRATEGI PENGUATAN TATA KELOLA KEUANGAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO ROTI LAPIS BUAH BU ARIANI DI DESA PETAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 431–435. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9373