PENINGKATAN BRANDING PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN OPTIMALISASI PENCATATAN TATA KELOLA KEUANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CREDIBOOK PADA UMKM KUE GABIN TIRTA NADI

Penulis

  • I Komang Oka Permadi Universitas Mahasaraswati Denpasar https://orcid.org/0000-0001-9554-3398
  • Ni Komang Urip Krisna Dewi Politeknik Negeri Bali
  • Ni Putu Audi Orlanda Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Branding pemasaran, Pencatatan keuangan, Media sosial, Credibook

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Adat Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, dengan mitra UMKM Kue Gabin Tirta Nadi yang bergerak di bidang makanan. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra ini dalam menghadapi pesaing era globalisasi adalah penurunan omset penjualan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dan kurangnya pengetahuan tentang pembukuan. Untuk menangani masalah tersebut, dilakukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan tentang penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran, serta pelatihan dan pendampingan tentang pembukuan digital. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah mitra dapat mempromosikan usahanya di media sosial seperti Instagram dan WhatsApp, serta mitra dapat melakukan pencatatan pembukuan secara rutin menggunakan aplikasi Credibook untuk kegiatan usahanya. Dengan demikian, melalui upaya ini, diharapkan mitra dapat meningkatkan daya saingnya dalam pasar global dan mencapai keberlanjutan usaha yang lebih baik.

Referensi

Amiroh, I., Rahayu, D. R., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Serta Pendampingan Manajemen Usaha pada UMKM Angkringan KMS di Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pemantik, 1(2), 154–168. https://doi.org/10.56587/pemantik.v1i2.50.

Asyik, N. F., Patuh, M., Triyonowati, T., Respatia, W., & Laily, N. L. N. (2022). Aplikasi Digital Pengelolaan Keuangan, Sarana Meningkatkan Penjualan UMKM Makanan Minuman di Kabupaten Gresik. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 2(3), 102–106. https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5265

Kurniaty, H., Lisawanto, L., & Nugraha, M. E. S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Aneka Produk yang Dihasilkan UMKM di Desa Muara Talang: Utilization of Social Media as a Means of Promotion of Various Products Produced by MSMEs in Muara Talang Village. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 462–468. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i3.4691

Natsir, K., & Waani, A. M. (2023). Pelatihan Pencatatan Keuangan UMKM Berbasis Digital. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, (6)1, 55-64.

Permadi, I. K. O., Putra, I. G. C., Usadi, M. P. P., & Saptani, N. K. A. (2023). Peningkatan Pemasaran dan Penggunaan Aplikasi Excel Dalam Pelaporan Keuangan di BUM Desa Cani Sejahtera Bersama. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(1), 544–550.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Permadi, I. K. O. ., Dewi, N. K. U. K. ., & Orlanda, N. P. A. . (2024). PENINGKATAN BRANDING PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN OPTIMALISASI PENCATATAN TATA KELOLA KEUANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CREDIBOOK PADA UMKM KUE GABIN TIRTA NADI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 416–422. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9371