TEROBOSAN IKLAN FACEBOOK, PENINGKATAN PELAYANAN MOBIL TRAVEL, DAN KEPERCAYAAN MEDIA SOSIAL DI BALI CANDIDASA TOUR

Penulis

  • I Gusti Ngurah Agung Eka Teja Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Krisna Purnadinata Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Pariwisata, Pemasaran, Media Sosial, Bali Candidasa Tour

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu Bali Candidasa Tour meningkatkan pendapatannya melalui strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Adapun program kerja yang dilaksanakan meliputi: pembuatan iklan di Facebook Ads untuk menjangkau target audiens yang lebih luas, peningkatan kualitas pelayanan mobil travel dengan menyediakan air mineral dan cemilan khas Bali dan pembuatan akun media sosial di TikTok dan YouTube untuk meningkatkan brand awareness dan engagement dengan pelanggan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program kerja yang dilaksanakan telah berhasil meningkatkan pendapatan Bali Candidasa Tour. Pembuatan iklan di Facebook Ads menghasilkan 329 calon pelanggan dari Australia, peningkatan layanan mendapatkan feedback positif dari pelanggan, dan pembuatan akun media sosial di TikTok dan YouTube meningkatkan jumlah pengikut dan like.

Referensi

AmaSSlia, L., & Miranti, P. (2023). ANALISIS PENGARUH SEKTOR PARIWISATA DAN PENANGGURAN TERBUKA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI BALI. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang.

Duffett, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran YouTube Terhadap Sikap Kognitif, Afektif dan Perilaku Konsumen Generasi Z. Keberlanjutan.

Ginaya, G., Kumbara, A., Putra, I., & Sukiada, I. (2020). Destinasi Pariwisata Bali dan Pengembangan Pasar Wisatawan Rusia. Jurnal Internasional Pemahaman Multikultural dan Multiagama , 7, 105-118.

Jancy, A., N, K., PS, N., & S, N. (2022). Layanan Penyewaan Mobil. Jurnal Internasional Penelitian Teknik di bidang Teknik Elektronika dan Komunikasi.

Wiese, M., Martínez-Clement, C., & Botella-Carrubi, D. (2020). Kerangka kerja untuk efektivitas periklanan Facebook: Perspektif perilaku. Jurnal Riset Bisnis , 109, 76-87.

Zeng, J., Abidin, C., & Schäfer, M. (2021). Perspektif penelitian tentang TikTok dan aplikasi lamanya: pendahuluan. Jurnal Komunikasi Internasional , 15, 3161-3172.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Kusuma, I. G. N. A. E. T., & Purnadinata, I. P. K. (2024). TEROBOSAN IKLAN FACEBOOK, PENINGKATAN PELAYANAN MOBIL TRAVEL, DAN KEPERCAYAAN MEDIA SOSIAL DI BALI CANDIDASA TOUR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 118–123. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9319