PEMBINAAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAN PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI SABDA JAYA COLLECTION
Kata Kunci:
Informasi keuangan, Media sosialAbstrak
Sabda Jaya Collection merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak dalam bidang penjualan pakaian adat bali khususnya untuk laki-laki. Sabda Jaya Collection ini didirikan oleh I Made Pande Yoga Pranata pada tahun 2019. Berdasarkan kumpulan di Forum media sosialnya, seperti terdapat menawarkan banyak diskon, produk yang diterima pelangan asli & sesuai dengan deskripsi, kualitas produk baik, hingga pengiriman barang yang cepat. Namun, Adapun pelanggan yang pernah berbelanja di Sabda Jaya Collection kerap memiliki keluhan yang cukup banyak. Mayoritas keluhan yang dialami pelanggan yaitu antara lain, pelanggan merasa tidak puas dengan solusi yang diberikan Sabda Jaya Collection jika terjadi masalah seperti produk cacat tidak ditangani dengan baik. Kualitas pelayanan e-commerce disebut sebagai service quality mengacu pada situs yang tidak melibatkan interaksi langsung dan membrikan pelayanan yang sesuai harapan pelanggan. Nah, permasalahan yang terjadi di Sabda Jaya Collection ini yaitu masih rendahnya pemahaman karyawan tentang keuangan atau admin keuangan yang bisa lebih rinci mengenai bagaimana mengatur kas masuk dan keluar ataupun keuntungan dan kerugian penjualan pada store Sabda Jaya Collection ini. Diharapkan dengan adanya program kerja ini bermanfaat untuk membantu mengembangkan pendapatan penjualan serta usaha ini bisa lebih sukses kedepannya.
Referensi
Anggreni, Ni Made Elsa Dwi. (2023). Kinerja Sistem Akuntansi Dan Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Media Sosial Di PPOPSHOP FASHION STORE. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Ardhyanti, Ni Wayan Ika. (2023). Optimalisasi Penjualan Produk Elektronik Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Edukasi Dan Pemasaran Untuk Meningkatkan Produktivitas Di Cv. Arena Gadget Bali. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
LPPM Unmas. (2024). Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.