MENINGKATKAN CUSTOMER RETENTION BRAUD CAFE MENGGUNAKAN MANAJEMEN RELASIONAL PELANGGAN
Kata Kunci:
Manajemen Relasional Pelanggan, Pemasaran Relasional, Loyalitas KonsumenAbstrak
Dalam menjalankan sebuah bisnis, tujuan yang penting untuk dicapai bukan hanya angka penjualan, melainkan hubungan yang baik dengan konsumen sehingga meningkatkan loyalitas konsumen guna menciptakan sebuah bisnis yang berkelanjutan. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen relasional pelanggan pada sebuah bisnis dengan menggunakan metode-metode yang relevan dengan situasi bisnis saat ini. Permasalahan yang akan dibahas pada penulisan artikel ini adalah konsep manajemen relasional pelanggan dan bagaimana teori ini dapat diterapkan pada sebuah usaha untuk meningkatkan kualitas pemasaran relasional. Dampak dari penulisan artikel ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan pelaku bisnis untuk menerapkan metode pemasaran relasional yang berfokus pada menjaga loyalitas konsumen terhadap produk dan layanan.
Referensi
Binus. Customer Retention. Retrieved on March 25th, 2023 from https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/29/customer-retention/
Kajian Pustaka. Kepercayaan Konsumen (Pengertian, Aspek, Jenis, Indikator, dan Strategi). Retrieved on March 25th, 2023 from https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepercayaan-konsumen-pengertian-aspek.html
Glints. Loyalty Program. Retrieved on March 25th, 2023 from https://glints.com/id/lowongan/loyalty-program/#.ZB6ZHXZBzb0