STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN PELATIHAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI APLIKASI BUKU KAS PADA TOKO KAMEN BALI

Penulis

  • I Nengah Suardhika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Komang Delisna Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digital Marketing, Laporan Keuangan, Pencatatan Stok

Abstrak

Toko Kamen Bali merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang perdagangan yang menyediakan berbagai perlengkapan pakaian adat bali, seperti kebaya, kamen endek, batik, sutra, udeng, dan selendang. Toko kamen Bali berlokasi di Pasar Seni Klungkung bangunan putih no 43 dan 44, jalan Cokroaminoto Semarapura Tengah, Klungkung, Bali.  Dari hasil observasi dan pengamatan secara berkelanjutan yang saya lakukan pada Toko Kamen Bali, ditemukan adanya permasalahan mengenai penurunan pendapatan toko yang dikarenakan menurunnya daya beli masyarakat dan banyaknya pesaingan karena kurangnya pemanfaatan media sosial sebagai media promosi produk. Selain permasalahan tersebut, ditemukan juga permasalahan dibidang pembukuan atau pencatatan. Dimana mitra tidak memiliki pencatatan keuangan dan tidak memiliki data pencatatan stok barang. Kegiatan pengabdian masyarakat di Toko Kamen Bali telah terlaksana dan berhasil dengan baik, serta tepat sasaran. Dengan melaksanakan pelatihan mengenai pentingnya pemasaran produk melalui media sosial dan memberikan pelatihan pembuatan laporan keuangan, serta memberikan pemahaman mengenai pencatatan stok barang. Dengan demikian diharapkan agar kinerja Toko Kamen Bali ini semakin baik dan meningkat.

Referensi

Akhlak, M. L. M. 2021. “Efektivitas dan Efisiensi Digital Marketing Melalui Otomatisasi Instagram”. Jurnal Transformasi, Vol.16, No.2.

Soejono, W. A. F., Sunarni, T., & Kusmawati, S. S. (n.d.). Pendampingan Usaha: Pentingnya Laporan Keuangan Dan Penggunaan Aplikasi Bukukas Untuk Laporan Keuangan Usaha. No.2 Tahun 2020, 4(2), 2013–2015.

LPPM Unmas Denpasar. (2023). Buku Panduan Pengabdian Pada Masyarakat. Denpasar: LPPM Unmas.

Siti Aisyah, Kartika Rose Rachmadi. 2022. “Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2), 442-448.

Gita Suliska, Laula Dwi Marhika, tommy Ferdian. 2023. Pelatihan Strategi Marketing Di Era Digital Bagi Pelaku UMKM Se Kabupaten Bungo. Jurnal Pengabdian Kita 6 (1).

Suryandani, W. (2022). Pemanfaatan Pembukuan Digital Menggunakan Aplikasi Buku Kas untuk Peningkatan Pengelolaan Manajemen Keuangan pada UMKM Kelurahan Sidowayah, Kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 96-101.

Wahid, A., Soedarmadji, W., Nuriyanto, Misbah, A., & Ayik, P. (2022). Penyuluhan Penggunaan Buku Kas Digital Dalam Proses Administrasi Umkm Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(2), 1261–1266.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Suardhika, I. N., & Dewi, L. K. D. (2023). STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN PELATIHAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI APLIKASI BUKU KAS PADA TOKO KAMEN BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 407–412. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6505