PELATIHAN PEMBUATAN SISTEM PEMBUKUAN DIGITAL DAN PROMOSI DENGAN SOSIAL MEDIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN JAYA COFFEE ROASTERS
Kata Kunci:
Pembukuan Digital, Social Media, Pengembangan Usaha, Coffee ShopAbstrak
Coffee shop merupakan tempat yang menyediakan berbagai jenis kopi dan minuman non kopi lainnya dalam suasana santai, tempat yang nyaman dan dilengkapi dengan alunan musik baik lewat pemutar musik maupun live musik. Coffee Shop saat ini banyak peminatnya dari kaum muda khususnya anak- anak remaja, Salah satu Coffee Shop yang ada di Ubud adalah Jaya Coffee Roasters. Perkembangan ini juga sejalan dengan pola pikir masyarakat yang hampir kebanyakan aspek hidupnya berjalan secara daring atau digital. Selain itu berbagai konflik juga terjadi salah satunya adalah mengenai pembukuan atau pencatatan yang tidak sesuai antara pemasukan dan pengeluaran di coffee shop ini. Kurang maksimalnya promosi yang dilakukan juga menyebabkan kurangnya pendapatan yang diperoleh oleh pihak pengelola Jaya Coffee Roasters.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu memecahkan masalah yang terjadi pada Jaya Coffee Roasters. Dengan memperkenalkan social media dan juga excel kepada karyawan serta memberikan pelatihan mengenai pembukuan secara digital dan mempromosikan coffee shop dengan menggunakan media sosial. Dengan demikian, mitra dapat mempromosikan kembali coffee shop yang dimiliki dan dapat membantu karyawan dalam mencatat pengluaran serta pemasukan yang terjadi agar terlihat rapi dan juga lebih akurat.
Referensi
LPPM. (2023). Buku Panduan Pengabdian Masyarakat 2023 Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar
Atmaja.HE. (2021). Memaksimalkan sistem pemasaran online2021. Jurnal administrasi bisnis Vol.6 No.02, Desember2021
Azizah.NL. (2021). Pemanfaatan pembukuan digital pada kelompok UMKM 2021. Community Empowerment. Vol.6 No.1(2021)