MENGOPTIMALKAN PELAYANAN SERTA MEMPERLUAS TARGET PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN LABA PERUSAHAAN GURITA BALI RENTAL

Penulis

  • Daniel Raditya Tandio Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Fernanda Verdyanty Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pelayanan, Pemasaran, Pendapatan

Abstrak

Penyewaan mainan anak - anak saat ini sudah menyebar dimana - mana. Banyak orang tua yang lebih memilih untuk menyewa di bandingkan membeli barang, karena barang yang di butuhkan hanya di gunakan dalam waktu singkat, jika sudah tidak di perlukan memakan tempat, anak - anak juga cepat bosan dengan permaiann yang di berikan, dan juga lebih hemat di bandingkan dengan membeli. Gurita Bali Rental merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa rental perlengkapan dan kebutuhan anak-anak. Usaha ini sudah bergerak sejak 12 Desember 2017 yang berlokasi di Jl.Tukad Balian Gg Rajawali No.19 Denpasar Selatan. Kegiatan utama dari perusahaan ini yaitu menyediakan bantuan dalam bentuk jasa rental kepada masyarakat yang ingin menyewa perlengkapan dan kebutuh anak mereka dalam jangka waktu yang singkat. Saat ini perusahaan sedang mengalami penurunan pemasukan dikarenakan beberapa faktor dianataranya adalah kurangnya perhatian dalam memberikan pelayanan kepada konsumen serta pemasaran yang dilakukan secara online dan offline kurang optimal. Hal - hal tersebut sangat berpengaruh besar terhadap pemasukan pendapatan perusahaan. Jika kedua hal tersebut dapat di optimalkan dengan baik makan akan memberikan dampak positif terhadap perusahaan. Berdasarkan hasil dari observasi di atas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan Gurita bali Rental mengalami penurunan pemasukan laba yang di akibatkan oleh kurangnya pelayanan dan minimnya jangkauan pemasaran yang di terapkan di perusahaan.

Referensi

Santi Susanti, Wahyu Gunawan, Sukaesih Sukaesih (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir Dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dedy Harto, Sulistya Rini Pratiwi, Mohamad Nur Utomo(2017), Meylin Rahmawati. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Umkm. Jppm

Aldi Munandar (2020). Pengaruh E-Commerce Dan Media Sosial Terhadap Pendapatan Usaha (Studi Pada Usaha Mahasiswa Komunitas Youth Preneur Feb) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. S1 Thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Bhanda, Maria Retniana, Prihatminingtyas, Budi, Sayekti, RR Nugraheni Suci (2020). Pengaruh Produk, Pelayanan, Sumber Daya Manusia dan Harga Barang Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Blimbing Kota Malan. Unitri Rinjani

https://www.nusabali.com/berita/96104/sewa-mainan-jadi-solusi-buah-hati-yang-mudah-bosan

Putri, Arum. Sutrisni. (2019). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved March. 29, 2023, from https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Tandio, D. R., & Verdyanty, F. (2023). MENGOPTIMALKAN PELAYANAN SERTA MEMPERLUAS TARGET PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN LABA PERUSAHAAN GURITA BALI RENTAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 155–161. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6448