OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DAN PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DALAM PENCATATAN KEUANGAN PADA PT. CHANDRA CONSULTING SOLUTION

Penulis

  • Putu Novia Hapsari Ardianti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Meita Fridayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran, Peningkatan, Pencatatan PT. Chandra Consulting Solution

Abstrak

Jasa yang ditawarkan oleh Kantor Chandra Consulting Solution adalah akuntansi, pembukuan, dan pemeriksaan kosultasi perpajakan. Layanan konsultasi pajak sudah pasti menjadi layanan utama yang diberikan oleh seorang konsultan pajak kepada kliennya yang tak lain adalah pihak wajib pajak. Konsultasi dapat dilakukan secara langsung atau secara tulis via surat. Sebagian besar klien yang berasal dari kalangan perusahaan atau badan usaha umumnya memilih untuk berkonsultasi secara langsung maupun tulisan. Di era modern saat ini pemanfaatan perkembangan teknologi informasi banyak sekali digunakan untuk mengembangkan bisnis baik dari perusahaan maupun individu yaitu seperti teknologi informasi berbasis jejaring sosial yang banyak dimanfaatkan media sosial untuk perusahaan. Namun pada PT. Chandra Consulting Solution mereka masih tetap menggunakan media cetak koran sebagai promosi. Mereka belum menyadari kehebatan dari dampak media sosial dalam faktor promosi maupun transaksi. Jika kita memanfaatkan media sosial untuk bisnis juga dapat meningkatkan jaringan bisnis yang ingin mengunakan jasa perpajakan. Pencatatan keuangan merupakan sebuah proses pencatatan aktivitas transaksi keuangan pada sebuah bisnis atau perusahan yang dihitung dalam periode tahun tertentu. Pencatatan ini digunakan sebagai pelaporan transaksi yang terjadi dalam harian, mingguan, dan bulanan. Hasil catatan tersebut, akan menjadi sebuah laporan keuangan bagi perusahaan. Dengan memiliki pencatatan yang detail, maka sebagai pemilik perusahaan dapat mengetahui sudah sejauh mana perkembangan usaha yang dimiliki seperti progres kondisi bisnis, apakah sedang meningkat, menurun, maupun dalam kondisi yang stagnan. Kondisi tersebut dapat terlihat dari catatan keuangan yang dimiliki. Adapun hasil observasi yang dilakukan pada PT. Chandra Consulting Soulition dimana perusahaan hanya memiliki media sosial facebook saja untuk melakukan promosi dan rendahnya tingkat penjualan jasa karena kurangnya promosi yang dilakukan perusahaan. Rendahnya pengetahuan karyawan pada aplikasi computer akuntansi MYOB. Dokumen transaksi kas masuk dan kas keluar tidak rapi dan tidak sistematis. Dalam pelaksanaan kegiatan ini digunakan metode observasi, perencanaan program, pelaksanaan program, dokumentasi, evaluasi, dan penyusunan laporan. Dan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini sudah berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan program kerja yang sudah direncanakan dengan realisasi 100%.

Referensi

Andarsari, P. R., & Dura, J. (2018). Implementasi pencatatan keuangan pada usaha kecil dan menengah. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 59-65.

Hapsari, D. P., Andari, A., & Hasanah, A. N. (2017). Model pembukuan sederhana bagi usaha mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Junaidi, F., Abidin, R. Z., & Fatmawati, A. (2022). Optimalisasi Strategi Pemasaran melalui Digital Marketing pada UMKM Cendol Dawet Sagu Lasah Desa Tawangargo. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1427-1432.

Munandar, A., Meita, I., & Putritanti, L. R. (2018). Pelatihan Pembukuan Dan Pencatatan Keuangan Sederhana Kepada Siswa/I Yayasan Prima Unggul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 527-532.

Prasetyo, A., Andayani, E., & Sofyan, M. (2020). Pembinaan Pelatihan Pembukuan Laporan Keuangan Terhadap Wajib Pajak UMKM Di Jakarta. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 1(1), 34-39.

LPPM. 2022. Buku Pedoman Kuliah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Ardianti, P. N. H. ., & Fridayanti , P. M. . (2023). OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DAN PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DALAM PENCATATAN KEUANGAN PADA PT. CHANDRA CONSULTING SOLUTION. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 111–118. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6441