UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UMKM SERUNDENG “SAUR SAMUDERA” DI DESA SEDANG

Penulis

  • I Putu Edy Arizona Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Lilis Antika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Emerensiana Jenai Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kartu Nama, Media Sosial, Paid Promote, Teknologi

Abstrak

Perkembangan teknologi di era globalisasi ini telah mempermudah dan memberi kenyamanan bagi penggunanya dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, tetapi masih ada masyarakat yang kurang menyadari bagaimana pentingnya mengikuti perkembangan teknologi khususnya bagi pelaku bisnis UMKM Saur Samudera, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Adapun permasalahan mitra yaitu kurangnya pengetahuan UMKM Saur Samudera mengenai bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk keberlangsungan promosi usahanya. Sehingga menjadi permasalahan bagi UMKM Saur Samudera yang akan berdampak negatif terhadap kemajuan UMKM tersebut. Apalagi di era globalisasi ini pastinya segala kegiatan sehari-hari masyarakat menggunakan handphone khususnya untuk bermedia sosial. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus memberikan manfaat kepada masyarakat dengan cara membantu memajukan UMKM yang mereka miliki. Salah satunya dengan cara memberikan pelatihan menggunakan media sosial yaitu membuatkan akun Facebook dan mengajari cara mengelola, memposting usahanya di akun media sosial tersebut. Setelah membuatkan akun Facebook kami langsung gencar melakukan paid promote di akun Instagram masing-masing kelompok Pengabdian Masyarakat di Desa Sedang. Kami juga membuatkan desain kartu nama dan mencetak kartu nama tersebut untuk diberikan kepada UMKM Saur Samudera. Metode pelaksanaan ini menggunakan metode observasi serta di lanjutkan dengan beberapa kegiatan yaitu edukasi, pendampingan atau penyuluhan dan evaluasi.  Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah penambahan wawasan UMKM Saur Samudera mengenai manfaat media sosial dan pentingnya kartu nama untuk kemajuan UMKM tersebut.

Referensi

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e- Journal), 7(1), 38-50.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E-commerce 2016: business. technology. society. In Global Edition.

LPPM UNMAS. (2023). Buku Panduan Pengabdian Pada Masyarakat. Denpasar: LPPM Unmas Denpasar.

Nasrullah, Rulli, 2015, Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Parwita, G. B. S., Fitriani, P. P. M., & Dharmayanti, P. A. P. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ERA NEW NORMAL MELALUI EKONOMI KREATIF PROGRAM PADAT KARYA DI LINGKUNGAN BANJAR SENTAL KANGIN NUSA PENIDA. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 2(2), 66-72.

Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Sidumas Badung. (2023). Website Resmi Desa Sedang. url:

https://desasedang.badungkab.go.id/sejarah-desa

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Hal. 196-198

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Arizona, I. P. E. ., Antika, A. A. L. ., & Jenai, E. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS UMKM SERUNDENG “SAUR SAMUDERA” DI DESA SEDANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 89–94. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6439