UPAYA PENINGKATAN EKSISTENSI DAN MENJAGA KEBERLANJUTAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA SEMBUNG
Kata Kunci:
UMKM, Harga jual, Kualitas produk, Usaha, OmsetAbstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Secara lebih jelas, pengertian UMKM diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa UMKM adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Biasanya, penggolongan UMKM adalah dilakukan dengan batasan omset per tahun, jumlah kekayaan atau aset, serta jumlah karyawan. Sedangkan usaha yang tak masuk sebagai UMKM adalah dikategorikan sebagai usaha besar. Salah satu usaha wirausaha yang berlokasi di Banjar Dajan Peken nomor 25 adalah Warung jaje gina dan jaje uli. Berdasarkan analisis permasalahan yang dihadapi yaitu menurunnya omset penjualan karena banyak persaingan maka tim pengabdi akan melaksanakan pengabdian masyarakat di UMKM Warung Jaje Pak Seri dengan pembuatan banner dan pemberian stiker logo dengan alamat. Hasil program kerja yang telah dilaksanakan mengenai program pemberdayaan masyarakat dalam bidang UMKM di Desa Sembung, Mengwi diketahui bahwa kegiatan telah terlaksana dengan baik yang dilihat dari antusias masyarakat yang datang mengikuti sosialisasi tersebut.
Referensi
Adamson, D., & Bromiley, R. (2013). Community empowerment: learning from practice in community regeneration. International Journal of Public Sector Management, 26(3), 190-202.
Anggriani, R., Anggrawan, A., Dasriani, G. A., Sidharta, R. B. F. I., Awanta, D., & Gunawan, J. S. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omset Penjualan Jajanan Lokal UMKM di Kota Mataram. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 149-156.
Basyaruddin, T. (2022, November). Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Digital Platfrom. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Saputri, S. D., & Kusumaningrum, H. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Branding Logo dan Kemasan Produk Ndoyan Jajan di Desa Tambak Rejo Rt03 Rw 01 Kec. Waru, Kab. Sidoarjo serta Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Profit Dindoyan Jajan. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(01), 185-193.
Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.
Widiasmara, A., & Lestari, A. (2022). Pelatihan Pengemasan Dan Promosi Guna Meningkatkan Nilai Jual Pada “Pabrik Kerupuk Rambak Pak Sunar”. Jurnal Pengabdian Masyarakat" Wiryakarya", 1(01).
Widiastuti, T. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Riptek, 15(1), 64-69.
Yani, N., Harini, S., Saputra, H., Hodailma, A., & Ningsih, K. F. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Pada UMKM Peci Assagofah Di Desa Banjarwangi Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 30-35.