PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN PRODUK PADA UD. BERINGIN INDAH PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA TENGKULAK KAJA, KEMENUH

Penulis

  • Kadek Indah Kusuma Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Eka Teja Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Arik Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Aldi Wiguna Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, UMKM, UD. Beringin Indah

Abstrak

UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia sangat terdampak, tidak hanya dari sisi produksi dan pendapatan, tetapi juga dari sisi jumlah pekerja yang harus di-PHK akibat pandemi. (Jufra, 2020). Salah satu UMKM yang terdampak covid-19 yakni UD. Beringin Indah. UD Beringin Indah merupakan salah satu UMKM yang bergerak di sektor perdagangan usaha Distributor Elpiji dan Galon. UMKM ini beralamat di Jl. Pasung Grogis IV No.2, Br Tengkulak Kaja Kangin, Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali. Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dan saat ini sudah memasuki tahun ke-10.1. Melakukan Observasi Pada Pemilik Usaha Mitra a. Meminta persetujuan pemilik usaha mitra untuk mengobservasi dan menganalisis permasalahan yang ada pada tempat usaha mitra 2. Mempersiapkan Pelaksanaan a. Mempersiapkan materi mengenai pengenalan dan penerapan media digital seperti Instagram dan watsapp. Setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bersama dengan mitra sasaran yaitu UMKM UD. Beringin Indah selesai, ada beberapa target dari program yang tercapai, diantaranya yaitu: 1. Meluasnya wilayah jangkauan pemasaran usaha UD. Bringin Indah sebagai hasil dari terlaksananya program pembuatan Instagram dan whatsapp ditandai dengan adanya beberapa pelanggan yang memesan kopi melalui Direct Message, instagram dan WhatsApp. Pengabdian masyarakat dengan judul “Peningkatan Kemampuan Pemasaran Produk dan Pembukuan Pada UD. Beringin Indah pasca Pandemi Covid-19 di Br. Tengkulak Kaja Kangn” telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana. Pemasaran melalui media digital seperti Instagram dan Whatsapp sudah terlaksana seluruhnya ditandai dengan adanya pelanggan baru yang melirik tempat usaha ini.

Referensi

Alifiana, A. M., & Nanik, S. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMETAAN UMKM BERDASAR POTENSI RISIKO BERBASIS GIS. Prosiding, 142), 289-294.

Jufra, A. A. (2020). STUDI PEMULIHAN DAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SUB-SEKTOR KULINER PASCA PANDEMI (COVID-19) DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMI Di PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Ekonomi dan Manajemen, X2), 116-131.

Muhammad, J., Budi, L., & Ari, S. (2020, july). Strategi UKM pada masa pandemi covid-19. neolectura, 67-74.

Sarmigi, E. (2020). ANALISIS PENGARUH COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN KERINCI. Ekonomi dan Bisnis Islam, 10), 1-17.

Pratiwi, M. I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Ners, 4(2).

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Dewi, K. I. K., Kusuma, I. G. N. A. E. T., Putra, I. D. A. P., & Wiguna, I. W. G. A. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN PRODUK PADA UD. BERINGIN INDAH PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA TENGKULAK KAJA, KEMENUH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1220–1225. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5892