MENGGIATKAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SROJA COFFEE

Penulis

  • M. Doni Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Eka Teja Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Komang Tiara Pratistha Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yoga Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Media sosial, Promosi

Abstrak

Pandemi Covid-19 bukan hanya sekedar bencana kesehatan, Covid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi telah membuat pelaku UMKM di Indonesia mulai gelisah. Tidak hanya UMKM yang bergerak di sektor produksi rumahan, mereka yang bergerak di bidang jasa, produk makanan pun dilaporkan mengalami penurunan omset yang signifikan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan meningkatkan penjualan dan promosi pada Sroja Coffee, antara lain: Memberikan pengarahan dan edukasi bagaimana cara mempromosikan produk dengan menggunakan media sosial dan membuat konten yang akan di posting melalui media sosial. Kemampuan mitra dalam mengkap arahan dan simulasinya pun sangat baik dan cepat memahami, sehingga kami pun dapat mencoba untuk memposting beberapa konten di sosial media. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan dan dengan melihat perubahan positif yang terjadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang di programkan dan direncanakan telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Karyawan Sroja Coffee sudah dapat memahami semua arahan maupun pelatihan yang diberikan sehingga dalam pelaksanaan tugasnya dapat lebih maksimal lagi dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan informasi yang diterima dari berbagai pihak, Adapun beberapa saran, antara lain: Memaksimalkan pemanfaatan teknologi, Kerja Sama tim agar lebih dijaga dan ditingkatkan lagi.

Referensi

UNMAS, L. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Bencana Pandemi Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ana Suci Nur. 2020. Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_6608200913204448.pdf

Al Hakim, R. R. (2021). Pencegahan penularan Covid-19 berbasis aplikasi Android sebagai implementasi kegiatan KKN tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7-13.

Alodokter. 2021. Virus Corona. https://www.alodokter.com/viruscorona. Diakses tanggal 10 Agustus 2022.

Handayani, S. 2021. KKN-T UMKM 2022 Kelompok 09 UNIPMA. Diakses pada 12 September 2022, dari https://www.kompasiana.com/srihandayani0822/6235cbad80a65a6e3b50f523/kkn-t-umkm-2022-kelompok-09-unipma.

Nurjannah, S. (2021). Analisis Pengawasan Perpajakan UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19 yang Terdaftar di Website Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan.

Pintek, P. 2021. Media Promosi Untuk Pemasaran Online dan Dampak Positifnya Untuk Bisnis. Diakses pada 10 September 2022, dari https://pintek.id/blog/media-promosi-untuk-pemasaran-on.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Putra, M. D. P., Kusuma, I. G. N. A. E. T., Sari, I. A. K. T. P., & Wijaya, Y. (2023). MENGGIATKAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SROJA COFFEE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1214–1219. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5891