MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA DAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN DEMI KEPUASAN PELANGGAN PADA UD. ADITYA MOTOR DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • R.R Maria Yulia Dwi Rengganis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Sintya Surya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Aditya Mahendra Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kedisiplinan, Promosi

Abstrak

UD Aditya Motor merupakan salah satu showroom lengkap yang beroperasi selama 21 tahun yang terletak di JL. Raya Mambal Abiansemal Badung Bali. UD Aditya Motor ini menjual sepeda motor atau mobil bekas dengan kwalitas dan harga yang standar. UD Aditya Motor ini menjual sepeda motor baru jika ada customer yang memasan dalam bentuk kredit maupun cash. UD Aditya Motor mempunyai cukup banyak karyawan yang berjumlah 5 Karyawan. Pandemi covid-19 membawa dampak yang sangat buruk bagi UD Aditya Motor selain dampak sosial pendapatan ataupun penjualan sangat menurun dengan drastis dan juga terjadinya pemotongan gaji terhadap karyawan dikarenakan penjualan sangat menurun, untuk meminimalisir pengeluaran, selain itu ada berbagai konplik jika terjadi salah satunya kurangnya rasa disiplin dalam bekerja dan berbagai miskomunikasi antar karyawan sehingga menimbulkan berbagai kesalahpahaman antar karyawan. Kurang maksimalnya promosi yang dilakukan juga menyebakan kurannya pendapatan yang diperoleh oleh UD Aditya Motor serta kurang pahamnya pihak UD Aditya Motor dalam memasarkan kendaraannya. Dengan melihat permasalahan tersebut pelaksana mempunyai beberapa solusi yang mana pelaksana berencana untuk membuat absensi manual untuk para karyawan agar lebih disiplin, akun media sosial untuk sarana promosi dan pengenalan kendaraan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat diharapkan pihak perusahaan ikut serta mendukung program kerja yang akan dijalankan serta mampu memberikan perubahan untuk pihak perusahaan terutama dalam hal meningkatkan pendapatan dan kedisiplinan dalam bekerja.

Referensi

Sinta, Adilia. (2019). Praktik Kerja Lapangan. "Laporan Kegiatan Kedisiplinan Karyawan CV Maha Agung Jakarta". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa Politeknik Palcomtech.

Alesandro, Fillipi. (2020). Laporan Praktek Kerja Lapangan pada PT. Multi Terminal Indonesia. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Agung. 2020. Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar . from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/download/775/9876.

Compasiana. 2021. Pemanfaatan Facebook untuk Strategi Marketing Penjualan" di Masa Pandemi. Dalam https://www.kompasiana.com/lintangdhea3209/6229c6a2e2d60e6bae352784/pemanfaat n-face-book-untuk-strategi-marketing-penjualan-di-masa-pandemi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Rengganis, R. M. Y. D., Widnyana, I. W., Dewi, N. M. S. S., & Putra, I. K. A. M. (2023). MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA DAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN DEMI KEPUASAN PELANGGAN PADA UD. ADITYA MOTOR DI MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1189–1193. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5886