PENINGKATAN OMSET PENJUALAN, PEMBUKUAN BERBASIS DIGITAL, PENAMBAHAN STRATEGI PEMASARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Usaha Retail Online Iclothes_Bali di Desa Batuan Kaler)

Penulis

  • Ni Luh Nyoman Sherina Devi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Wahyu Dwinata JS Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Septiari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Iclothes_Bali, Peningkatan Penjualan, Pembukuan Digital, Penambahan Pemasaran

Abstrak

Sejak virus Covid-19 muncul pertama kali di Indonesia pada bulan maret seluruh perusahaan dan masyarakat mengalami dampak yang luar biasa dalam perekonomian. Banyak korporasi ataupun UMKM yang harus gulung tikar karena adanya pemerosotan kinerja dalam bisnisnya. Salah satu UMKM yang terdampak covid-19 yakni retail online Iclothes_Bali. Retail online Iclothes_Bali merupakan usaha online yang menjualkan barang dagangannya melalui platform ecommerce Lazada. UMKM ini bergerak di sektor perdagangan pakaian yang terletak di daerah Batuan Kaler, Sukawati, Gianyar. Progam kerja yang diajukan pada kegiatan ini pertama yaitu peningkatan omzet penjualan dengan cara melakukan analisis konsumen dan pasar, menjaga kualitas produk, dan membuat promo gratis ongkir beserta potongan diskon. Program kerja tersebut disusun berdasarkan apa yang sedang menjadi permasalahan pada usaha mitra. Permasalahan lain yang dihadapi oleh mitra adalah pembukuan yang masih manual menggunakan kertas. Solusi yang diajukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pembukuan berbasis digital dengan memanfaatkan aplikasi web yaitu spreadsheet. Permasalahan lain yang juga dihadapi oleh mitra adalah pemasaran yang masih kurang luas, untuk permasalahan ini solusi yang diajukan adalah dengan menambah strategi pemasaran yaitu dengan memanfaatkan media sosial berupa Instagram, Facebook dan Tiktok. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan metode pendekatan secara langsung dan diskusi bersama mengenai progam kerja yang diajukan untuk menangani permasalahan pada usaha mitra retail online Iclothes_Bali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Referensi

Ayunda. (2020). Alasan Betapa Pentingnya UMKM di Indonesia. Accurate.

Marlina, E., Aghitsnillah, N. Q., Aruhi, N., Rosyid, N. M., Maharani, L. E., & Al Farrosi, F. U. (2020). Budidaya Lele Sebagai Bentuk Penunjang Swasembada Pangan Bagi Masyarakat Desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 110-115.

Sujana, I. W., & Saputra, I. T. (2021). Meningkatkan Penjualan MarketPlace di Tengah Covid-19 dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan Pada PT Citra Warna Jaya Abadi.

Suwangsit, & Whatoni, S. (2020). Pemberdayaan Umat di Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Ponorogo (Studi atas Bintang Swalayan). Jounal of Community Development and Disaster Management (JCD).

Undang-undang No.20 Tahun 2008. (n.d.).

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Devi, N. L. N. S., Endiana, I. D. M., JS, I. P. W. D., & Septiari, N. K. (2023). PENINGKATAN OMSET PENJUALAN, PEMBUKUAN BERBASIS DIGITAL, PENAMBAHAN STRATEGI PEMASARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Usaha Retail Online Iclothes_Bali di Desa Batuan Kaler). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1148–1154. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5880