PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL MENERAPKAN PROMOSI MENARIK SERTA PEMANFAATAN JASA ANTAR DI UMKM “WARUNG BUK EKA” DI MASA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Bertha Beloan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sandikara Rantun Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM Warung Buk Eka, Pemasaran media sosial, Inovasi Produk, Pemasangan banner, Pengenalan jasa antar

Abstrak

Tingkat penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Sehingga pada akhirnya pemerintahpun melakukan Pembatasan Sosisal Berskala Besar (PSBB) untuk membatasi kegiatan masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus ini. Hal ini pun sangat berdampak terhadap sektor kehidupan yaitu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), salah satunya berdampak pada sektor kuliner yang mengakibatkan para pelaku (UMKM) gulung tikar. Situasi ini juga berdampak ke salah satu usaha UMKM Warung buk eka yang berlokasi di Jalan Bedahulu 9 no 6, Desa Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Denpasar-Bali. Program kerja yang diajukan pada kegiatan ini yaitu inovasi produk dengan berbagai promo menarik dengan harga yang terjangkau, pembuatan serta pemasangan poster dan banner, pendampingan serta pelatihan dalam membuat akun media sosial sebagai media pemasaran seperti Instagram, Pengenalan program jasa antar. Program kerja ini berdasarkan masalah yang dihadapi oleh UMKM Warung Buk Eka yaitu Kurang optimalnya pemasaran dalam penjualan snack tersebut, Kurangnya Inovasi Produk dan promo menarik untuk meningkatkan minat masyarakat sekitar, Menurunya penujualan Karena terdampak Covid-19 dan diterapkannya PPKM. Adapun solusi yang diberikan Membantu mitra dalam Pengenalan media digital, Memberikan ide kepada mitra untuk menciptakan produk baru, Memasang poster dan banner dan Mengadakan promo menarik. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode langsung dan berdiskusi dengan pemilik dari UMKM Warung Buk Eka dalam menyelesaikan permasalahan karena pandemi covid-19.

Referensi

Alesandro, Fillipi. (2019). Laporan Praktek Kerja Lapangan pada PT. Multi Terminal Indonesia. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Marlina, E., Aghitsnillah, N. Q., Aruhi, N., Rosyid, N. M., Maharani, L. E., Mudakir, F., ... & Al Farrosi, F. U. (2020). Budidaya Lele sebagai Bentuk Penujang Swasembada Pangan bagi Masyarakat Desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 110-115.

Ni Ketut Sari Adnyani, Dewa Ayu Eka Agustini (2020), Digitalisasi Sebagai Pemulihan Perekonomian Di Sektor Kerajinan Dalam Mendukung Kebangkitan UMKM di Provinsi Bali. Jurnal Volume 1, No. 2, November 2020.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191-2022.

Setiawan, R. & Setiadin, G. F. (2020). Strategi Indonesia dalam Membangkitkan Perekonomian Nasional Pasca Covid-19. Egsaugm

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Beloan, B., Endiana, I. D. M., & Rantun, I. K. S. (2023). PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL MENERAPKAN PROMOSI MENARIK SERTA PEMANFAATAN JASA ANTAR DI UMKM “WARUNG BUK EKA” DI MASA PANDEMI COVID 19 . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1141–1147. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5879