STRATEGI PEMASARAN USAHA DAN PENINGKATAN KUALITAS SDM TERHADAP KARYAWAN DI UD. KARYA MANDIRI DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • I Dewa Gede Agung Pandawana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Kepramareni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Nonik Rasminingsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Wahyuningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Stock, Furniture, Pandemi, Promosi

Abstrak

Saat ini barang elektronik dan furniture merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki di setiap rumah, mulai dari TV, AC, Kipas Angin, Kompor, Lemari Pakaian, Lemari Es, Kursi, Meja, Rangka Tempat Tidur, dll. Semakin meningkatnya pemintaan masyarakat akan barang elektronik dan furniture, membuat banyak orang mulai menggeluti usaha ini, mulai dari menjadi produsen, distributor bahkan reseller. Melihat persaingan yang semakin ketat banyak wirausaha yang memberikan pelayanan khusus untuk semakin menarik minat customer, seperti menerapkan sistem cash & credit, COD (cash on delivery), menyiapkan tim marketing yang turun langsung ke lapangan untuk menawarkan produk-produknya, dll, salah satunya yaitu UD. Karya Mandiri. Saat pandemi Covid-19 UD. Karya Mandiri mengalami penurunan omset yang sangat drastis, bahkan harus memberhentikan sebagian karyawan untuk bisa tetap beroperasi di tengah pandemi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra dalam mengatasi permasalahannya melalui pendaftaran lokasi UD. Karya Mandiri di Google Map supaya lokasi mudah dijangkau oleh customer, membantu dalam promosi baik melaui media digital maupun media cetak, membuatkan struktur organisasi dan daftar stock gudang supaya kerja makin tertata dengan baik, memberikan pelatihan program akuntansi yang terdapat pada komputer kerja UD. Karya Mandiri supaya meningkatkan pemahaman karyawan akan bidang tersebut, dan menyediakan masker dan hand sanitizer supaya karyawan tetap bekerja dengan mematuhi protokol kesehatan.

Referensi

LPPM. 2022. Buku Panduan Pengabdian Masyarakat Alternatif Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Pandawana, I. D. G. A., Kepramareni, P., Rasminingsih, N. K. N., & Wahyuningsih, L. (2023). STRATEGI PEMASARAN USAHA DAN PENINGKATAN KUALITAS SDM TERHADAP KARYAWAN DI UD. KARYA MANDIRI DI MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1066–1072. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5868