PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI PENGEMBANGAN SOFT SKILL KARYAWAN DAN DIGITAL MARKETING PADA TOKO TAMAN SARI BED COVER
Kata Kunci:
Soft Skill, Pelayanan Publik, Digital Marketing, Penurunan PenjualanAbstrak
Dalam usaha untuk menjual produk dan meningkatkan keuntungan, strategi pemasaran sangatlah penting. Strategi pemasaran sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Strategi digital marketing dan peningkatan soft skill adalah strategi yang paling banyak digunakan. Strategi digital marketing dan peningkatan soft skill ini terbukti sangat efektif dalam penjualan produk. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, permasalahan pokok yang dihadapi ialah mengalami penurunan penjualan yang menyebabkan penurunan omset yang signifikan. toko Taman Sari Bed Cover mengalami kesulitan untuk meningkatkan pendapatan penjualan maka solusi yang diberikan sebagai strategi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi antara lain Memberikan penyuluhan tentang pengetahuan dasar soft skill, dan penyuluhan tentang strategi digital marketing. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Responsiveness (ketanggapan), Reliability (keandalan), Emphaty (empati), Asurance (jaminan), Tangibles (bukti langsung). Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini telah tercapai 100% dan memberikan manfaat bagi karyawan dan perusahaan.
Referensi
Putra, K. N., & Arifin, R. W. (2018). Sistem Informasi Penjualan Bedcover Berbasis Website. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 3(1), 13-22.
Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., ... & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.
Wirahadikusuma, Indra (2017) Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha produk Sprei Dan Bedcover Di Perusahaan Dianmanta. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Winarno, S. H. (2010). Pengembangan Soft Skill Dan Hard Skill Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Cakrawala, 10(2).
Alma, Buchari. (2004). Manajemen Pemasaran dan Jasa. Bandung : Alfabeta.
Bell, C. R dan Bell, B. R. 2013. “Magnetic Service: 7 Rahasia Menciptakan Pelanggan Setia”, San Francisco USA: Berret-Koehler Publishers, Inc.
Rahayu, DWS. (2018). Merek Sebagai Pendorong Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over Di Kota Blitar. Jurnal Akuntabilitas, (11) 2, 20-27.
Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke 3. Yogyakarta: STIE YKPN.
Simamora, Henry. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management. Andi. Yogyakarta.
Wyckup. 2002. Kualitas Pelayanan. Jakarta.