PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN SDM TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KSP KARYA CITRA MANDIRI DENPASAR

Penulis

  • Gde Bayu Surya Parwita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Diah Chandra Swari Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Sosialisasi

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman, persaingan di dunia bisnis di masa sekarang ini sangat ketat. Untuk meraih kesuksesan dalam persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kulitas pelayanan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan nasabah, salah satunya dengan meningkatkan kualitas pelayanan sumber daya manusia dan selalu memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh nasabah untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan SDM terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Karya Citra Mandiri Denpasar. Caranya yakni dengan melakukan pendampingan, pelatihan serta sosialisasi kepada karyawan cara bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku. . Dari hasil kegiatan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang diprogramkan dan direncanakan telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Karyawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan SDM terhadap kepuasan nasabah telah berhasil ditingkatkan dibandingkan dengan sebelumnya.

Referensi

Azmirrizal. 2015. Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di BMT Pahlawan Tulung.

Dinas Pekerja Umum Sumber Daya Air, 2020. Pengertian Survey Lapangan Atau Survey Lokasi.

Ernawati, 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid.

Feiby Tombokan Dkk, 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Taplus BNI Kantor Cabang Utama Manado.

Hermanto, 2013. Pengaruh Kaulitas Pelayanan SDM Bank terhadap Kepuasan Nasabah.

HR NoteAsia, 2021. Pelatihan Karyawan: Manfaat dan 10 Metode yang Bisa Dipilih.

Imelda Tamba Dkk, 2018. Kualitas Pelayanan SDM Mempengaruhi Kepuasan Anggota KSP Credit Union Jembatan Kasih KP Tanjung Uncang di Kota Batam.

Krisfandi. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Sari Usaha Tani Desa Kota Baru Kabupaten Roka Hulu. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pangaraian.

M Amhas, 2018. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar 01 Selatan.

Sucipto Agus, 2011. Studi Kelayakan Bisnis”Analisis Integratif dan Studi Kasus”, 2nd ed. UIN-Maliki Press, Malang.

Tanti Winarti, 2018. Pengaruh Partisipasi Karyawan Terhadap Kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) Santo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Parwita, G. B. S. ., & Dewi, N. W. D. C. S. . (2023). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN SDM TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KSP KARYA CITRA MANDIRI DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 886–892. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5826