MENINGKATKAN HARDSKILL & SOFTSKILL KARYAWAN DAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN DEMI KEPUASAN KONSUMEN PADA PT MEGA TIARA SINAR ABADI NUSA DUA

Penulis

  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali
  • I Komang Gaizka Senopati Gunawan Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali

Kata Kunci:

Pelayanan, Pelatihan, Organisasi

Abstrak

PT Mega Tiara Sinar Abadi Nusa Dua merupakan salah satu distributor yang beroperasi di bidang otomotif Piaggio Vespa yang terletak di Jl. Bypass Ngurah Rai No. 88, Mumbul, Kuta Selatan, Badung. PT Mega Tiara Sinar Abadi Nusa Dua ini berdiri pada tahun 2019. Perusahaan ini menyediakan produk/brand Piaggio baik itu berupa kendaraan, accessories ataupun merchandise. Moto perusahaan memberikan pelayanan terbaik kepada para customer.Metode yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan pemahaman dalam knowledge. Pelatihan peningkatan pelayanan kepada konsumen, pembuatan sosial media sebagai sarana promosi dan pengembangan relasi, pengarahan penyebaran brosur kecil di berbagai tempat seperti Koperasi, Lembaga Perkreditan Desa dan BPR. Partisipasi karyawan dalam pelatihan pelayanan kepuasan konsumen, pengembangan hardskill dan softskill pada PT Mega Tiara Sinar Abadi Nusa Dua sangat tinggi. Pada tahap perencanaan, karyawan ikut memberikan saran dan masukan mengenai permasalahan yang sedang dihadapi. Pada tahap pelaksanaan kegiatan, karyawan memiliki antusias dalam menerapkan pelayanan terhadap kepuasan konsumen, pembuatan sosial media, dan menyebarkan brosur ke lembaga perkreditan desa. Pada tahap pemantauan, karyawan ikut serta dalam setiap evaluasi kegiatan.Pada kegiatan pengabdian yang dilakukan pada PT Mega Tiara Sinar Abadi Nusa Dua terdapat faktor pendukung keberhasilan yaitu Leader General Affairs dan karyawan yang mendukung penuh kegiatan ini, dan antusias yang tinggi ditunjukkan para karyawan saat diadakannya pembuatan sosial media sebagai saran promosi. Dalam segi penjualan pada perusahaan ini bisa dikatakan masih kurang maksimal, namun dengan adanya pengabdian yang telah dilakukan bisa membantu meringankan dan memudahkan para karyawan dalam bekerja, sehingga perusahaan dapat menaikkan kurva penjualan.

Referensi

Alesandro, Fillipi. (2019). Laporan Praktek Kerja Lapangan pada PT. Multi Terminal Indonesia. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Amalia, Hanifah. (2021). Praktik Kerja Lapangan. "Laporan Kegiatan Prosedur Persediaan Barang Masuk dan Keluar pada CV. Maju Jaya Dekorasi Palembang". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa Politeknik Palcomtech.

Buku Panduan pengb Alternatif Peduli Pandemi Covid-19 Angkatan 45 Periode II. 2022

Jayusman, Hendra, Winarti Setyorini, dan Aditya Dwi Prakasa. "Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Teras Kopi Sukamara." Magenta 9, tidak. 2 (2019): 75-82.

LPPM. 2022. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Pandemi Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar: LPPM

Mangkunegara, A. A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prakasa, Yudha. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Bali Age Surabaya). E-Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya. Vol.72 .2. Juli (2019): 166.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Widnyana, I. W. ., & Gunawan, I. K. G. S. . (2023). MENINGKATKAN HARDSKILL & SOFTSKILL KARYAWAN DAN MEMAKSIMALKAN PELAYANAN DEMI KEPUASAN KONSUMEN PADA PT MEGA TIARA SINAR ABADI NUSA DUA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 858–863. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5821