OPTIMALISASI PROMOSI VILLA DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN AKATARA VILLA DI UBUD GIANYAR
Kata Kunci:
villa, sosial media, excel, google formulirAbstrak
Villa merupakan tempat penginapan yang biasanya digunakan untuk beristirahat dan bersantai, baik sendiri maupun bersama keluarga. Villa di Bali memiliki persaingan yang ketat, dengan ratusan agen penyewaan villa yang terus berusaha menarik pelanggan. Persaingan bisnis ini mendorong para pemilik villa untuk menawarkan berbagai keunggulan, yang semakin memanjakan pelanggan dalam memilih villa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Akatara Villa merupakan salah satu Villa yang terletak di Ubud, Gianyar, sebuah lokasi yang terkenal dengan keindahan alam, budaya, dan ketenangan spiritualnya. Villa ini dirancang untuk menjadi destinasi ideal bagi mereka yang mencari ketenangan dan privasi, jauh dari keramaian kota. Hasil observasi menunjukkan terdapat beberapa permasalahan yang dialami yaitu, 1) Strategi promosi media sosial Akatara Villa yang terbatas hanya berfokus pada Facebook, 2) Pengelolaan rekapitulasi data tamu yang kurang efektif menghambat optimasi layanan dan strategi pemasaran, 3) Keluhan dari pihak luar Villa telah menciptakan persepsi negatif, yang berpotensi merusak reputasi Akatara Villa. Adapun solusi yang dapat diberikan yaitu, 1) Menambahkan media sosial visual seperti Instagram dan TikTok, 2) Membuat basis data yang terstruktur dengan membuat sistem pencatatan data tamu yang lebih terstruktur, dengan menggunakan spreadsheet sederhana seperti Excel, 3) Membuat sistem penanganan keluhan terbuka dengan menyediakan saluran komunikasi yang jelas bagi masyarakat umum untuk menyampaikan keluhan, misalnya, menyediakan Formulir Google (Gform) yang mudah diakses untuk keluhan. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini berupa observasi, pelatihan dan evaluasi. Kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan target yang direncanakan.
Referensi
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96-102.
Ayu, M. P., Kemalasari, A. S., & Sofia, M. (2020). Pengembangan Pariwisata Budaya di Kawasan Dataran Tinggi Dieng dalam Satu Dasawarsa Dieng Culture Festival. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2).
Imbayani, I. G. A., Safitri, N. W. N., & Nopianti, N. K. (2023, May). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada KSP Klenting Amertha Mesari. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 2, No. 1, pp. 382-388).
Landra, N., & Dewi, N. K. S. (2024, December). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dan Penerapan Strandard Operating Procedure (Sop) Karyawan Pada Baliwid Villa Ubud Gianyar Bali. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 3, No. 2, pp. 1231-1237).
Prana, I. G. B. M. A., & Setiawan, P. Y. (2025). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali (Studi pada Kubu Manggala Villa Seminyak). EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 12(2), 322-339.
Puspitawati, N. M. D., & Muliani, N. K. (2022). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PENJUALAN PRODUK ARDITA GOLD DI DESA BATUBULAN, KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(2), 68-76.
Wibawa, G., Sumaryana, F. D., & Firohmatillah, A. R. (2024). Pengabdian masyarakat melalui pelatihan marketing berbasis digitalisasi bagi para pelaku UMKM di Desa Cilembu dan Desa Cigendel. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1670-1676.
Yasa, I. P. N. A. P., Cahyani, N. K. I. D., Pratama, I. P. A. M. P., & Puspitawati, N. M. D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Promosi Serta Konservasi Budaya Lokal Nusantara. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 4, 179-189.