MANFAAT MEDIA SOSIAL SERTA PELATIHAN KARYAWAN UNTUK PROMOSI SERTA MENINGKATKAN KINERJA PADA KARYAWAN DONA KEBAYA BALI

Penulis

  • Ni Luh Putu Sandrya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Gede Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Sindy Puspita Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Media Sosial, Pelatihan, Promosi, Kinerja Karyawan, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Dona Kebaya Bali adalah usaha yang bergerak di bidang fashion tradisional dengan fokus pada kebaya, berlokasi di Denpasar, Bali. Meskipun memiliki potensi pasar yang besar, usaha ini menghadapi kendala dalam keterampilan karyawan terkait promosi digital dan manajemen stok. Untuk mengatasi masalah ini, tim pengabdian masyarakat melakukan pelatihan dan pendampingan kepada karyawan dalam memanfaatkan media sosial dan mengelola operasional toko secara efisien. Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu untuk memaksimalkan kinerja karyawan untuk memperluas pangsa pasar Dona Kebaya Bali melalui media promosi. Hasilnya, seluruh karyawan berhasil meningkatkan keterampilan, sehingga mampu mendongkrak penjualan dan memperkuat posisi bisnis di pasar yang kompetitif.

Referensi

Baer, J. (2014). Youtility: Why Smart Marketing Is about Help Not Hype. Per Capita Publishing.

Dewi, N. L. P. S., Widhiastuti, N. L. P., & Kumalasari, P. D. (2023). Koperasi dan UMKM (N. P. S. Dewi (ed.); 1st ed., Vol. 1).

Harrington, J. (1991). Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. McGraw-Hill.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.

Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7524–7532. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7422

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Andi Publisher.

Utami, N. M. S., Sandrya, N. L. P., & Dwijana, I. G. K. (2023). Pengrajin Industri Rumah Tangga berbasis teknologi menuju UMKM Naik Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JMAS), 2(3), 843–854. https://melatijournal.com/index.php/jmas/article/view/395%0Ahttps://melatijournal .com/index.php/jmas/article/download/395/380

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Dewi, N. L. P. S. ., Dewi , L. G. K. ., & Dewi, N. K. S. P. . (2024). MANFAAT MEDIA SOSIAL SERTA PELATIHAN KARYAWAN UNTUK PROMOSI SERTA MENINGKATKAN KINERJA PADA KARYAWAN DONA KEBAYA BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 1140–1148. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10486