UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN OPTIMALISASI SOP PADA AQUARIUS BEACH HOTEL SANUR

Penulis

  • Ni Luh Putu Widhiastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Sintya Jayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Optimalisasi SOP

Abstrak

Pelatihan dan pengembangan karyawan mencakup aktivitas apapun yang membantu karyawan memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru, atau meningkatkan yang sudah ada. Ketercapaian kegiatan pengabdian masyarakat Kegiatan mengenai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Optimalisasi SOP Pada Aquarius Beach Hotel Sanur. Berhasil ditingkatkan melalui pemberian pengadaan pelatihan karyawan serta mengoptimalkan SOP yang membantu karyawan dalam melaksanakan pekerjaan. Manajemen Perusahaan telah memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada mahasiswa atas berlangsungnya program kerja yang terlaksana. Selama berlangsungnya program kegiatan pengabdian masyarakat ini, sangat banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan. Bahwa upaya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen dengan mengoptimalkan kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting. Kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan terlaksananya program kerja yang dilakukan diharapkan bisa membantu karyawan dalam mengoptimalkan kinerja serta mampu memberikan pelayanan yang lebih baik. Dalam pelaksanaan nya juga sudah sangat bagus karena adanya peningkatan penerapan SOP dan membaiknya kualitas konten promosi yang dibuat. Dari semua kegiatan yang telah laksanakan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegaiatn pengabdian masyarakat yang dilakukan pada Aquarius Beach hotel Sanur berjalan dengan lancar.

Referensi

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok

Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Educ Int. 2012. In Pearson Education International.

Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Departemen Marketing dan HRD PT Cahaya Indo Persada. AGORA, 6(1), pp. 1– 10.

Nur’aini, F. (2020). Standart Operating Procedure Cara Praktis dan Efektif Menerapkan SOP di Segala Macam Bisnis (1st ed.). Yogyakarta: QUADRANT.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Widhiastuti, N. L. P. ., & Jayanti, N. W. S. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN OPTIMALISASI SOP PADA AQUARIUS BEACH HOTEL SANUR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 1117–1123. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10483