STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KENAIKAN JUMLAH SISWA PADA PERIODE TAHUN AJARAN BARU PADA BIMBA AIUEO CABANG KWANJI DALUNG
Kata Kunci:
Pemasaran, Kenaikan Jumlah Siswa, Tahun Ajaran BaruAbstrak
Bimba aiueo adalah proses bimbingan minat baca anak yang bertujuan agar anak minat, senang, suka, dan gemar membaca, sehingga terbangun pondasi karakter gemar membaca. Penggagas paradigma dan metode bimba, Bambang Suyanto adalah seorang teknokrat dan peneliti di BPPT (Badan Pusat Pengkajian dan Teknologi), yang pernah menyelesaikan tugas belajar pada tahun 1990 di Fakultas Teknik Mesin program studi Aeoronotika University of Technology and Agriculture Tokyo Japan. Ia kemudian mendedikasikan dirinya untuk perkembangan Pendidikan yang Merdeka di Indonesia dengan mendirikan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI) yang di notariskan di Jakarta pada tanggal 4 September 1996 sebagai wadah hukum bimba aiueo. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan bertujuan untuk membantu dan memberikan solusi terhadap masalah yang ada. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yaitu ; strategi pemasaran untuk meningkatkan kenaikan jumlah siswa pada periode tahun ajaran baru pada biMBA AIUEO cabang Kwanji Dalung, dengan cara menyebarkan brosur dan mengunggah kegiatan belajar anak-anak serta memberikan pelayanan yang baik serta ramah kepada orang tua dan juga siswa. Pelaksanaan kegiatan pengabdia masyarakat ini telah terlaksana dengan baik, berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa menjalankan strategi pemasaran untuk meningkatkan kenaikan jumlah siswa pada periode tahun ajaran baru pada biMBA AIUEO cabang Kwanji Dalung dapat memberikan dampak positif bagi biMBA AIUEO cabang Kwanji Dalung, karena dengan program kerja ini adanya peningkatan jumlah siswa yang semula berjumlah 32 orang meningkat menjadi 42 orang, dan biMBA AIUEO menjadi lebih dikenal oleh Masyarakat sekitar.
Referensi
Winarti, T., & Talim, B. (2018). Pengaruh Partisipasi Karyawan Terhadap Kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) Santo Borromeus. Jurnal Akuntansi Maranatha, 10, 212-222.
Rachmad, Y. E., Sudiarti, S., Fajariana, D. E., Kisworo, Y., Suryawan, R. F., Tanadi, H., ... & Kutoyo, M. S. (2022). Manajemen pemasaran.
Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Putri, A. O. (2022). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Penigkatan Omset Penjualan Umkm (Studi Kasus Pedagang Kuliner Umkm Dikecamatan Ujungbatu): The Influence Of Facebook Social Media On Increasing Msme Sales Turnover (Case Study Of Msme Culinary Traders Ujungbatu District). Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 568-578.
Terry, G. R. (2008). Prinsip-prinsip manajemen.