OPTIMALISASI LAYANAN MELALUI INOVASI DIGITAL DAN PEMASARAN KREATIF DALAM RANGKA PENINGKATAN PENGUNJUNG PADA MAHARANI SALON

Penulis

  • I Komang Suryadnya Diputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Mita Tri Kusumawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Inovasi Digital, Pemasaran Kreatif, Peningkatan Pengunjung

Abstrak

Digitalisasi berupaya untuk meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak pengunjung, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan melalui inovasi digital dan pemasaran kreatif. Fokus utama penelitian ini adalah penerapan teknologi digital dan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif. Metode yang digunakan meliputi beberapa langkah strategis: a) Pelatihan dan pengembangan cara membuat akun TikTok sebagai media pemasaran online, serta pelatihan penggunaan TikTok untuk pembuatan konten promosi. b) Pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan konten yang menarik, singkat, dan padat melalui aplikasi Canva dan CapCut. c) Pelatihan dan pendampingan tentang sosialisasi penggunaan media sosial sebagai sarana promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dan pelatihan yang tepat mampu meningkatkan efisiensi promosi dan menarik lebih banyak perhatian pelanggan potensial. Kampanye pemasaran yang dipersonalisasi dan didukung oleh konten kreatif terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan memperkuat citra merek Maharani Salon. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan digital dan strategi pemasaran kreatif merupakan elemen kunci dalam meningkatkan jumlah pengunjung dan daya saing Maharani Salon.

Referensi

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Gazali, E. (2018). Pesantren di Antara Generasi Alfa dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2).

Joseph, Thomas. (2011). APPS The Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Permadi, I. K. O., Dewi, N. K. U. K., & Orlanda, N. P. A. (2024). Peningkatan Branding Pemasaran Melalui Media Sosial dan Optimalisasi Pencatatan Tata Kelola Keuangan Menggunakan Aplikasi Credibook Pada UMKM Kue Gabin Tirta Nadi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 3(1), 416–422.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Diputra, I. K. S., & Kusumawati, N. K. M. T. (2024). OPTIMALISASI LAYANAN MELALUI INOVASI DIGITAL DAN PEMASARAN KREATIF DALAM RANGKA PENINGKATAN PENGUNJUNG PADA MAHARANI SALON. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 878–882. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10407