UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK MELALUI KEMASAN (LABEL PRODUK), MENGOPTIMALISASIKAN PROMOSI DIGITAL DAN KUALITAS LAYANAN SERTA KEPUASAN KONSUMEN PADA CHURROS & COFFEE LASTINI CANGGU

Penulis

  • I Dewa Made Arik Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Putri Veriyantini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UKM, Kemasan Produk, Promosi Digital, Kualitas Layanan, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat merupakan wujud nyata kontribusi akademisi dalam membantu usaha kecil dan menengah (UKM) menghadapi tantangan bisnis. Churros & Coffee Lastini, sebuah UKM kuliner di Canggu, Bali, menghadapi beberapa permasalahan yang menghambat pertumbuhannya, seperti kemasan dan label produk yang kurang menarik, promosi digital yang tidak optimal, serta kualitas layanan yang kurang memadai. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut melalui pelatihan desain kemasan, strategi promosi digital, dan peningkatan kualitas layanan. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam daya tarik produk, eksposur di media sosial, dan kepuasan pelanggan. Pendampingan berkelanjutan dan partisipasi aktif dari pemilik serta karyawan UKM menjadi faktor kunci dalam keberhasilan program ini. Diharapkan, model intervensi ini dapat diterapkan pada UKM lain di daerah wisata seperti Canggu.

Referensi

Ginting, C., & Hartati, F. A. (2023). Analisis Minat Beli Konsumen Berdasarkan Kemasan Produk Makanan dan Minuman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28195–28203.

Purborini, V. S., & Harsanty, T. D. (2024). SOSIALISASI PENTINGNYA LEGALITAS UMKM DALAM BERWIRAUSAHA DI KABUPATEN SUKOHARJO. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6627–6634.

Ramadhaniyati, R. , S. I. N. T. , P. S. S. , P. M. , S. S. E. , I. H. S. E. , . . . & D. S. S. E. (2023). Pengantar Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Susanto, H., & Wibowo, A. (2022). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Peningkatan Kualitas Layanan di Industri Kuliner. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(3), 234–245.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Putra, I. D. M. A. P., & Veriyantini, N. M. P. (2024). UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK MELALUI KEMASAN (LABEL PRODUK), MENGOPTIMALISASIKAN PROMOSI DIGITAL DAN KUALITAS LAYANAN SERTA KEPUASAN KONSUMEN PADA CHURROS & COFFEE LASTINI CANGGU. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 839–847. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10402