ANALISA PEMASARAN JASA PADA RGR BARBERSHOP DENPASAR

Penulis

  • Putu Pradiva Putra Salain Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Parsini Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran, Jasa, Barbershop

Abstrak

Selama ini pemasaran jasa masih belum begitu diperhatikan, tapi melihat banyaknya jumlah uang yang dibelanjakan untuk membeli jasa tersebut, maka para produsen jasa mulai memberi perhatian khusus. Jasa yang telah dijalankannya selang beberapa tahun yaitu usaha jasa pangkas rambut di RGR Barbershop Denpasar yang berlokasi di Kelurahan Renon selalu berusaha untuk melayani konsumen dengan sebaik-baiknya dan memberikan pelayanan yang prima, ini terlihat dari begitu antusiasnya masyarakat terhadap jasa dari jasa pangkas rambut yang bersangkutan. Namun karena telah begitu banyaknya persaingan dengan usaha yang sama, maka tentunya RGR Barbershop Denpasar harus lebih jeli lagi dalam menyaingi usaha yang sama terutama bagaimana untuk lebih meningkatkan pemasaran jasanya. Untuk mengatasi kendala ini, solusi modern berupa seleksi dan pelatihan karyawan, menerapkan demarketing dan pelatihan silang karyawan. Metode yang digunakan dalam menganalisa pemasaran jasa adalah pendampingan dan pelatihan. Dalam konteks ini, permasalahan terkait pemasaran yang kemudian diatasi melalui pelatihan dan pengembangan karyawan untuk meningkatkan penjualan RGR Barbershop Denpasar.

Referensi

Adji,S. Visual Image Science Corner, Sukabumi : CV. Jejak, 2020.

Amstrong, M. (2006). A Handbook of Human Resources Management Practice Edition. London: Kogan Page

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Koedoes, Y. A., Abubakar, S. R., Nadzirin, M., & Nur, A. (2020). Solusi pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 2(2), 87-92

Nilawati, Eva Sativa. 2020. Beauty Preneurship, Cantiknya Bisnis Kecantikan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono dan Chandra. Kewirausahaan Teori & Praktik, Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Penerbit Ghalia , 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Salain, P. P. P. ., & Dewi, N. P. P. . (2024). ANALISA PEMASARAN JASA PADA RGR BARBERSHOP DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 771–777. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10295