MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN MELALUI PELATIHAN KARYAWAN PADA WARUNG D’UMA

Penulis

  • Agus Wahyudi Salasa Gama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Dias Ayu Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pelatihan Karyawan, Penyusunan SOP, Promosi (Konten)

Abstrak

Warung D’UMA merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang kuliner yang berlokasi di Jalan Raya Pesalakan, Pejeng Kangin, Kec. Tampaksiring, Gianyar, Bali. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di usaha tersebut. Tujuanya adalah untuk memberikan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, sehingga mereka dapat bekerja lebih efisien dan efektif yang akan menghasilkan kualitas tinggi dan terpenuhinya standar yang diharapkan konsumen. Sebelumnya usaha ini belum pernah untuk melakukan pelatihan karyawan dalam meningkatkan produk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian melakukan sosialiasi terkait pentingnya pelatihan karyawan dalam menyusun SOP, membuat promosi (konten), melakukan simulasi penerapan SOP bersama karyawan, melakukan evaluasi bersama karyawan terkait SOP, dan menidaklanjuti perbaikan hasil evalusi SOP. Kegiatan dilaksanakan selama 1 bulan dari 19 Juli hingga 18 Agustus 2024. Hasilnya, program kerja pengabdian berhasil dilakukan dengan ketercapaian 100%. Adapun program kerja yang dilakukan antara lain Pelatihan dan pendampingan karyawan terkait menggunakan kasir pintar serta membuat promosi (konten), pelatihan karyawan cara menyusun SOP yang benar, setelah penyusunan SOP selesai, dilaksanakanya simulasi penerapan SOP bersama karyawan sesuai tugas masing- masing, kemudian setelah simulasi berhasil dilaksanakanya evaluasi yang mengumpulkan karyawan untuk memberikan peluang terkait perbaikan SOP, setelah itu hasil dari evaluasi ditindaklanjuti oleh tim pengabdian untuk direncanakan perbaikan. Meski terdapat kendala seperti adanya keterbatasan waktu karyawanya.

Referensi

Ardani, A., & Firdaus, V. (2024). Meningkatkan Kinerja Industri Jasa Makanan di Indonesia Melalui Pelatihan Keterampilan dan Pengalaman. 1(1), 1–22.

Azizah, L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberlangsungan Usaha. Universitas Internasional Batam UIB Repository, 2017, 5–24.

Lubis, A. L. (2024). Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Pelanggan Restoran RM Sederhana Winsor Batam. 2(2), 197–210.

Maya Dora, Y., Yogi Sari, O., Saefudin, N., Sudrajat, A., & Widuri Sakti, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (Sop) Untuk Meningkatkan Produktivitas Usaha Katering Dapur Enin Bandung. Jurnal ADIMAS, 27–32.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Gama, A. W. S. ., & Pratiwi, N. P. D. A. . (2024). MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN MELALUI PELATIHAN KARYAWAN PADA WARUNG D’UMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 655–662. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10275